Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Pembuatan Aplikasi Android Dengan Mudah Menggunakan Tools
Pembuatan Aplikasi Android yang berkualitas tentunya membutuhkan tools yang memiliki fitur yang lengkap. Kami sebagai pengembang Aplikasi Android dan iOS menggunakan beberapa tools berikut.
18334
post-template-default,single,single-post,postid-18334,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Pembuatan Aplikasi Android Dengan Mudah Menggunakan Tools

Pembuatan aplikasi kini menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena tidak hanya ada sumber atau panduan untuk membuat aplikasi disertai dengan beragam tools namun juga banyaknya pihak yang menyediakan jasa untuk membuat aplikasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan Appkey.

Appkey sendiri merupakan penyedia jasa yang tidak hanya melayani untuk pembuatan suatu aplikasi yang berbasis mobile namun juga untuk pembuatan website dan pelayanan pendaftaran aplikasi yang dibuat ke store online agar dapat diunduh oleh pengguna internet.

Aplikasi yang dibuat oleh Appkey tentunya dibuat sesuai dengan permintaan klien. Sebagai klien, Anda akan mendapatkan keunggulan berikut ini sehingga Anda tidak akan merasa rugi pernah menjadikan Appkey sebagai partner dalam pembuatan suatu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

  • Adanya dukungan multi bahasa yang memungkinkan aplikasi tidak hanya memiliki pilihan untuk tampil dengan bahasa Indonesia saja namun juga bahasa yang lainnya.
  • Adanya pengembangan sistem backend yang memanfaatkan server, API ataupun database untuk website ataupun aplikasi berbasis Android maupun iOS.
  • Mempunyai harga yang terjangkau sehingga hasil akan sebanding dengan harga yang harus Anda bayarkan.
  • Adanya jaminan kualitas sesuai dengan karakteristik perangkat atau device sehingga mudah dipergunakan oleh user.
  • Penggunaan teknologi terbaru yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan klien.
  • Design yang mumpuni terutama di bagian interface atau halaman muka.

Banyaknya pihak, baik individu ataupun kelompok, yang ingin melakukan pembuatan aplikasi salah satunya disebabkan karena pasar mobile semakin menguasai dan hampir tidak bisa dilepaskan dari kehidupan di masyarakat.

Misalnya aplikasi berbasis Android yang kian marak sejak tahun 2003. Dalam pembuatan suatu aplikasi sendiri, tidak ada tahapannya sendiri sebagai berikut.

Pembuatan Aplikasi Android dan Tahapannya

Sebelum membuat aplikasi, terlebih jika Anda merupakan orang atau pihak yang akan melakukan proses pembuatan untuk kebutuhan Anda sendiri, ada tahapan atau proses pembuatannya.

Tentukan Aplikasi

Pastikan jika Anda sudah menentukan jenis aplikasi apa yang akan Anda pilih untuk dibuat. Saat ini, salah satu aplikasi yang paling banyak dibuat adalah aplikasi bisnis seperti toko online.

Hal ini disebabkan karena kini semakin maraknya bisnis yang dibuat terlebih oleh anak muda dan butuh suatu media untuk melakukan jual beli dan salah satunya adalah dengan aplikasi.

Artikel Terkait  Pembuat Aplikasi Android Dengan Mudah Tanpa Ngoding

Akan tetapi, hal yang harus diingat adalah bahwa tujuan dari pembuatan suatu aplikasi adalah untuk mendekatkan antara brand dengan konsumen sehingga akan lebih baik jika aplikasi yang dibuat tersebut membantu keperluan konsumen misalnya terkait dengan cara transaksi.

Selain harus memikirkan apa jenis aplikasi yang akan dibuat, Anda juga dapat mempertimbangkan hal berikut ini:

  • Kemudahan dalam penggunaannya.
  • Tampilan yang menarik sehingga dapat menarik calon pengguna.
  • Akan dipergunakan atau diinstal di ponsel dengan sistem operasi apa. Apakah android atau justru di ponsel dengan OS iOS.
  • Pertimbangan kelebihan dan kekurangan dari jenis aplikasi yang akan dibuat.

Memilih Software yang Tepat

Langkah selanjutnya dalam pembuatan aplikasi adalah dengan menentukan akan menggunakan tool mana yang sesuai dengan aplikasi yang akan dibuat. Namun, hal yang harus dipertimbangkan adalah kerumitan kode yang akan dibuat.

Untuk medianya atau software untuk membuat aplikasi, kini sudah ada beberapa jenis software seperti Android Studio. Selain itu, pertimbangkan apakah software tersebut berbayar atau gratis karena ada jenis software untuk membuat aplikasi yang berbayar yang memiliki fitur lebih banyak sehingga dapat dimanfaatkan oleh programmer.

Merancang Aplikasi

Sebelum mulai membuat aplikasi, maka Anda harus membuat kerangka terlebih dahulu. Kerangka ini akan dijadikan sebagai patokan utama. Salah satu tool yang dapat Anda gunakan untuk merancang adalah ShoutEm. Software tersebut memungkinkan Anda untuk membuat rancangan sesuai kebutuhan Anda.

Sebelum menggunakan, maka Anda harus masuk terlebih dahulu dengan memasukkan email dan password. Kemudian, Anda tinggal memilih akan membuat rancangan untuk aplikasi jenis apa. Misalnya aplikasi bisnis dan kemudian Anda dapat memilih tema yang cocok dengan jenis aplikasi yang akan dibuat.

Di ShoutEm, Anda tidak hanya dapat menambahkan gambar ukuran besar yang sesuai dengan yang Anda butuhkan namun juga dapat menambahkan fungsi. Fungsi ini nantinya akan muncul sebagai layar baru di aplikasi tersebut. Jangan lupa perhatikan komposisi tata letaknya beserta kontennya agar aplikasi enak untuk dilihat dan dipergunakan.

Membuat Aplikasi

Jika rancangan sudah dibuat, maka Anda harus membuat aplikasinya. Proses pembuatan aplikasi pada tahapan ini membutuhkan ketelitian. Hal ini disebabkan agar aplikasi tidak mengalami error ketika dijalankan dan meminimalisir perombakan secara besar-besaran.

Lakukan Uji Coba

Jika aplikasi sudah dibuat, maka langkah selanjutnya adalah uji coba. Dalam proses ini, aplikasi akan diuji tidak hanya untuk melihat apakah ada bagian yang error atau bug ataupun sudah sesuai dengan keinginan Anda. Untuk pengujian ini, Anda harus mengunduh berkas APK dan melakukan penyetingan atau pengaturan.

Pengujian tidak hanya dilakukan 1 kali namun dapat dilakukan hingga 2 kali untuk memastikan jika aplikasi tersebut sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Jika aplikasi Anda berbasis online, maka Anda harus mengujinya juga saat aplikasi tersambung dengan internet. Dengan cara ini, Anda akan tahu, apakah aplikasi tersebut lancar dan siap digunakan atau tidak.

Tahapan Lain yang Harus Dilakukan Dalam Pembuatan Aplikasi

Jika Anda sudah selesai melakukan pembuatan aplikasi dan dipasarkan namun kemudian ingin mengembangkan aplikasi tersebut kembali, ada tahapan lain yang harus dilakukan. Tahapan tersebut yaitu:

Membuat Deskripsi Aplikasi

Pada deskripsi ini, sebaiknya tulis kembali mengenai apakah aplikasi tersebut dan kemudian tuliskan fungsi utama dari aplikasi tersebut. Jangan lupa untuk mencantumkan user yang terlibat dan pola kerja aplikasi secara gratis besar untuk membantu Anda saat pengembangan dan agar tidak merusak pola utama walaupun Anda menambahkan fitur tertentu.

Membuat Daftar Fitur

Tuliskan fitur mana saja yang harus dibuat terlebih dahulu agar nantinya saat pengembangan, fitur yang seharusnya ada dapat segera dipergunakan oleh user.
Jika Anda akan mengembangkan fitur untuk tujuan komersial maka jangan lupa untuk membuat estimasi biaya dan waktu karena akan berpengaruh pada biaya akhir dan juga timeline yang dibuat oleh perusahaan.

Membuat UI Mockup

Adanya mockup ini akan membantu Anda untuk mempresentasikan akan menjadi seperti apa aplikasi yang akan dikembangkan tersebut. Mockup juga bisa dipergunakan saat Anda pertama kali membuat aplikasi terlebih jika aplikasi tersebut akan dijual ke pihak ketiga atau mencari investor.

Artikel Terkait  7 Aplikasi Buat Aplikasi Android Secara Offline

UI mockup haruslah dikerjakan oleh orang yang ahli. Hal ini disebabkan karena jika mockup kurang bagus, akan menyebabkan tampilan menjadi kurang menarik terlebih ketika UI mockup tersebut harus dipresentasikan.

Membuat Skema Database

Pertimbangkan mengenai database yang dipergunakan dan tambahan dari pengembangan aplikasi yang akan dilakukan. Pastikan jika DB (database) Anda cukup untuk menampung data yang diperlukan karena jika tidak, akan sangat mempengaruhi performa dari aplikasi tersebut.

  • Membuat daftar class dan relasi antar class terutama jika Anda menggunakan Java sebagai bahasa pemrograman utama yang akan dipergunakan.
  • Membuat kerangka aplikasi yang berbentuk source code sebagai acuan untuk pengembangan aplikasi yang akan dilakukan.
  • Membuat detail implementasi hingga pengembangan aplikasi selesai.
  • Melakukan testing baik internal maupun eksternal.

Pada tahapan ini peran QA (quality assurance) sangat diperlukan. QA berfungsi untuk menguji apakah pengembangan aplikasi yang dikerjakan telah selesai dan tidak ada masalah seperti bug. Jikapun menemukan, maka akan dikembalikan kembali ke programmer.

Ketika Anda sudah tidak menemukan bug, maka Anda dapat bersiap untuk mempublikasikannya ke pasar. Namun, jika aplikasi yang dikembangkan tersebut memiliki tujuan komersial, misalnya permintaan klien, maka sebaiknya persilahkan klien untuk mencoba aplikasi tersebut.

Nantinya klien akan memberi masukan, misalnya di bagian interface diubah karena komposisi peletakan yang kurang pas. Atau pergantian warna utama aplikasi. Agar klien tidak meminta revisi berkali-kali, maka sejak awal tentukan berapa batas pengubahan aplikasi dari klien kecuali jika klien bersedia membayar berapapun itu.

Pembuatan Aplikasi dengan Android Studio

Cara paling mudah dalam proses pembuatan aplikasi adalah dengan menggunakan Android Studio. Software ini paling banyak dipergunakan untuk membuat aplikasi tidak hanya untuk ponsel dengan OS Android namun juga iOS. Tool yang resmi didukung oleh Google ini dilengkapi dengan kode editor, instant run serta emulator.

Jika Anda baru pertama kali membuka Android Studio, maka Anda harus membuat halaman project terbaru. Nantinya di halaman tersebut, Anda akan bisa menuliskan coding untuk membuat aplikasi yang Anda butuhkan.

Pembuatan Aplikasi dengan IDE Eclipse

Selain menggunakan Android studio, IDE Eclipse juga bisa dipergunakan. Tool ini bahkan dipergunakan sebelum adanya Android Studio sebelum akhirnya Google menghentikan dukungannya terhadap Eclipse. Walaupun begitu, Eclipse hingga saat ini masih banyak dipergunakan terutama jika menggunakan bahasa pemrograman java.

Namun, sebelum Anda menggunakan IDE Eclipse, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar nantinya aplikasi dapat berjalan dengan baik. Diantaranya adalah:

  • Harus melakukan instalasi Java JDK terlebih dahulu.
  • Harus menginstal ADT (Android development tools) Eclipse.
  • Harus membuat android virtual device.

Pembuatan Aplikasi Tanpa Coding

Kebutuhan aplikasi terkadang harus dipenuhi sedangkan minimnya pengetahuan menjadi kendala tersendiri dalam pembuatan aplikasi. Akan tetapi, kini Anda tetap bisa membuat aplikasi sendiri tanpa harus menggunakan coding dan pembuatannya cukup mudah. Caranya adalah dengan menggunakan tools seperti di bawah ini.

Appery.io

Tools ini merupakan salah satu yang memberikan fitur pengembangan suatu aplikasi mobile enterprise yang menggunakan backend service yang terintegrasi akan plugin API. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan integrasi antara cloud service dengan sistem enterprise-nya.

Syarat utama menggunakan aplikasi ini adalah memiliki web browser. Aplikasi web base ini memiliki editor visual yang memungkinkan Anda untuk melakukan drag and drop plugin saat membangun aplikasi. Jika aplikasi sudah selesai, maka Anda tinggal ekspor file untuk finishing.

Walaupun dengan Appery.io Anda dapat membuat aplikasi tanpa coding, namun Anda dapat menggabungkannya dengan pengembangan visual yang menggunakan JavaScript. Dengan cara ini Anda tidak hanya dapat membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda namun juga memiliki interface yang menarik.

Namun, sebelum menggunakannya, ketahui jika Anda ingin menggunakan fitur tambahan yang disediakan, maka Anda harus melakukan upgrade. Ada 5 pilihan paket yaitu starter, standar, pro, premium, enterprise. Jika pun Anda tetap menggunakan versi gratisnya, maka Anda hanya dapat mengakses hingga 1 juta API call dengan besar penyimpanan 1 GB.

AppMachine

Tool ini memungkinkan Anda untuk dapat membuat aplikasi tidak hanya yang berbasis android namun juga iOS dengan user interface professional. Hampir sama seperti Appery.io, AppMachine juga dilengkapi dengan fitur drag and drop dan disertai dengan building block yang mempunyai fitur beragam.

Akan tetapi, untuk menggunakan jenis tool ini, maka Anda harus membayar terlebih dahulu. Besar biaya yang dibayarkan akan berpengaruh pada jenis aplikasi dan bahasa pemrograman yang dipergunakan.

Misalnya, untuk paket yang paling murah yaitu basic, Anda hanya dapat membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman HTML5 saja.

AppMakr

AppMakr merupakan tools yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi yang dapat diinstal di ponsel berbasis iOS, Android dan HTML5 tanpa harus memiliki kemampuan untuk melakukan programming dengan bahasa pemrograman tertentu.

Ada beberapa keuntungan dari AppMakr, diantaranya yaitu:

  • Dapat dipergunakan oleh semua orang terlebih untuk Anda yang tidak mengetahui sama sekali mengenai bahasa pemrograman.
  • Akan menjadi lebih mudah dalam pembuatan suatu aplikasi terutama jika Anda sudah memiliki konten atau isi aplikasi.

Appy Pie

Tools lain yang memungkinkan Anda hanya perlu untuk drag and drop adalah Appy Pie. Caranya adalah Anda hanya perlu membuka website Appy Pie kemudian cukup melakukan drag and drop ke halaman website tersebut untuk membuat aplikasi yang diinginkan. Aplikasi yang dibuat tersebut dapat dipublikasikan di PlayStore atau di AppStore.

Sama seperti platform pada umumnya, Appy Pie menyediakan 2 versi yaitu versi gratis dengan penggunaan yang terbatas untuk HTML5 dan versi berbayar. Jika Anda memilih untuk menggunakan versi terbatas, ada 3 pilihan paket dengan harga berbeda yang harus dibayarkan per bulannya. Paket tersebut yaitu Basic, Gold dan Platinum.

Keunggulannya jika Anda menggunakan versi berbayar dari Appy Pie adalah Anda bisa menggunakan fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi gratis. Nilai plus lain adalah Anda dapat membuat aplikasi yang compatible dengan platform Windows, Blackberry dan Kindle.

Good Barber

Platform ini memiliki keunggulan utama dengan tersedianya pilihan tema yang menarik, beberapa diantaranya adalah tema bunga dan teknologi. Ada lebih dari 350 tema yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Artikel Terkait  Aplikasi Penyedia Jasa Terbaik dan Kreatif

Selain banyaknya tema yang tersedia di Good Barber, platform ini juga menyediakan pilihan jenis tulisan hingga 600 font agar aplikasi menjadi lebih menarik.
Sayangnya, platform yang menyediakan banyak tema ini tidak gratis untuk dipergunakan. Harga yang harus Anda bayar per bulan jika menggunakan fitur tersebut cukup mahal. Harga yang termurah kurang lebih $32 per bulannya dan yang paling mahal dapat mencapai harga $200 per bulannya.

Itulah tahapan dan juga tool yang dapat Anda pergunakan untuk membuat Aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda masih bingung dan tidak memiliki waktu untuk membuat aplikasi, ada Appkey yang siap membantu Anda baik untuk membuat aplikasi ataupun website. Jadi tunggu apalagi, hubungi kami sekarang juga dan percayakan pembuatan aplikasi Anda. Kami tunggu kabar baik dari Anda. Salam sukses!

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang KamiKontak Kami
Pengenalan PerusahaanPengenalan Layanan
Tags: