Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Apa itu Steam? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya | Panduan Untuk Para Gamers
Steam adalah platform jual-beli game terbesar sekaligus terpopuler kekinian, bersaing dengan Gog, Origin, Epic Games, dan UPlay. Namun kebanyakan gamer menganggap steam adalah tempat terfavorit untuk mencari lalu membeli game rilisan terbaru. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda.
21387
post-template-default,single,single-post,postid-21387,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive
thumbnail-steam

Apa itu Steam? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya | Panduan Untuk Para Gamers

Bermain game menjadi pilihan yang digemari banyak orang untuk melepas kepenatan atau mengusir kebosanan. Saat ini, ada beragam game menarik yang dapat dimainkan menggunakan smartphone yang bisa diunduh di play store.

Namun, selain memainkan game yang asik, ternyata ada banyak serba-serbi dunia game yang tak kalah menarik. Salah satu serba-serbi game yang populer di kalangan para gamers adalah game steam.

Nama steam tentunya sudah tidak asing di kalangan pecinta game. Namun untuk Anda yang belum memahami apa itu game steam, jangan khawatir. Berikut ini kami sajikan artikel lengkap terkait seluk beluk game steam, mulai dari definisi, sejarah, hingga cara menambahkan game sendiri ke steam. Selamat membaca!

Mengenal Steam Game: Definisi dan Fungsi

 

steam-2

Apakah Anda seorang pemain game PUBG? Jika iya, tentunya Anda akrab dengan steam PUBG. Steam PUBG menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh player atau pemain karena ada banyak update menarik yang muncul dalam permainan.

Semisal update steam PUBG terbaru saat ini yang menyediakan fitur-fitur senjata baru yang dengan daya guna canggih, perbaikan bug, dan perbaikan sistem permainan di banyak aspek. Alhasil, permainan PUBG pun menjadi semakin seru.

Contoh di atas adalah gambaran mengenai steam. Namun apa itu steam? Steam adalah sebuah platform distribusi digital khusus untuk developer game dan gamers. Sederhananya, steam adalah wadah bagi developer game untuk menjual dan memasarkan game ciptaannya. Sedangkan dari pihak player, steam adalah tempat untuk membeli beragam game terbaru dengan praktis.

Sebelum kehadirannya, ada banyak gamers yang merasa kesulitan mengoleksi game original terbaru karena harganya yang terlampau mahal dan sistem pembeliannya yang tidak praktis. Hingga akhirnya Steam menjadi solusi terkait masalah tersebut. Hingga hari ini, steam adalah tempat ideal bagi banyak developer game untuk menjual game ciptaan mereka ke masyarakat.

Steam adalah platform jual-beli game terbesar sekaligus terpopuler kekinian, bersaing dengan Gog, Origin, Epic Games, dan UPlay. Namun kebanyakan gamer menganggap steam adalah tempat terfavorit untuk mencari lalu membeli game rilisan terbaru. Hal ini tercipta lantaran beragam penawaran menarik yang diberikan Steam seperti Steam Sale.

Steam Sale berlangsung di setiap musim libur panjang seperti summer dan winter. Saat promo ini berlangsung, harga game di Steam menjadi super murah hingga sayang untuk dilewatkan. Namun pelayanan Steam tak hanya terbatas sampai di sana saja. Steam juga menyediakan layanan khusus untuk Anda yang ingin mencoba game terbaru secara gratis. Bagaimana, tertarik untuk mendownload Steam?

Artikel Terkait  Docker Adalah : Pengertian, Sistem Kerja dan Keunggulannya

Sejarah Steam

 

steam-3

Ketenaran Steam tidak terjadi dalam waktu sekejap mata. Platform satu ini telah mengalami perjalanan yang cukup panjang. Steam diciptakan oleh developer game ternama Valve Corporation saat mereka kesulitan memperbaharui game online mereka yang bernama Counter Strike. Kala itu, Valve Corporation menemukan kendala saat hendak menambahkan patch ke game.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Valve menciptakan Steam sebagai platform yang memungkinkan game-game rilisan mereka terupdate secara otomatis. Tak hanya itu, tujuan lain pembuatan Steam adalah memasang kebijakan anti-cheat dan anti-bajakan untuk game rilisan Valve. Hasilnya, game-game ciptaan Valve Corporation tidak bisa dibajak oleh oknum tak bertanggung jawab.

Lambat laun, Valve menyadari bahwa masih ada masyarakat yang tidak bisa mendownload Steam dikarenakan kendala internet. Untuk mengatasi permasalahan baru ini, Valve mencoba bekerja sama dengan sejumlah perusahaan raksasa di bidang internet seperti Yahoo, Microsoft dan RealNetworks. Sayangnya, usaha tersebut gagal.

Namun pihak Valve tidak menyerah begitu saja. Hingga akhirnya di tahun 2002, aplikasi Steam untuk PC berhasil dipublikasikan dalam acara Game Developers Conference. Saat itu, developer game bernaa Relic Entertainment membuat versi khusus dari game Impossible Creature miliknya untuk digunakan sebagai bahan demonstrasi di platform Steam. Sejak saat itu, Valve dan Steam mulai disambut untuk bekerja sama dengan perusahaan ternama lain seperti GameSpy, Acer dan AT&T.

Kemudian Steam turut menghadirkan mod. Mod pertama Steam adalah Day of Defeat, yakni mod untuk Half-Life versi pertama. Beranjak setahun kemudian, ada 300.000 pemain ikut mendownload Steam dan mencoba versi beta testing game di sana. Lalu Valve merilis Half-Life 2 sebagai game pertama buatan mereka di Steam. Sejak saat itulah, Steam mulai berkembang menjadi lebih besar lagi.

Seiring berjalannya waktu, ada semakin banyak developer dan publisher game terkenal yang mempublikasikan game ciptaan mereka di Steam. Hal ini semakin meningkatkan kepopuleran Steam, hingga di tahun 2007, terdapat 13 juta akun player yang resmi dibuat dan tercatat di platform ini. Akhirnya di tahun 2014, Steam sukses meraih predikat penjualan game terbaik dengan estimasi keuntungan sekitar $1.5 milyar.

Kepopuleran Steam juga dilandasi oleh faktor-faktor positif yang ia tawarkan ke masyarakat, seperti mendukung kebiasaan membeli produk original (anti-bajakan). Secara tidak langsung, Steam sudah mendorong masyarakat untuk menjauhi produk bajakan dan menghargai karya para developer game. Sehingga developer serta publisher game dari seluruh dunia dapat senantiasa bertumbuh dengan baik dan mendapatkan hasil penjualan.

Artikel Terkait  Daftar 8 Aplikasi Mobile yang Lebih Baik dari Versi Dekstopnya

Mengupload Game ke Steam

 
Steam digemari banyak orang karena berbagai alasan. Mulai dari kemudahan mendownload game terbaru dengan harga terjangkau, memfasilitasi banyak developer game mulai dari yang baru berdiri hingga yang sudah lama terkenal, hingga mempunyai koleksi game yang sangat lengkap dibandingkan platform jual-beli game lainnya.

Steam juga mensupport beragam game JRPG, game asal jepang dan game bertema fighting untuk PC, menjadikan platform ini adalah surganya para gamers. Kondisi pasar Steam yang baik sekaligus menguntungkan ini menjadikan banyak developer game baru mencoba berjualan di sini.

Kemitraan developer game dengan Steam dinilai jauh lebih mudah sebab mereka menghadirkan layanan Steamworks. Terkadang, permasalahan lisensi produk dan distribusi menjadi kendala saat developer hendak menambahkan game mereka ke platform distribusi digital. Namun via Steamworks, proses pengunggahan game Anda dapat berlangsung dengan lebih simpel plus cepat.

Untuk resmi bekerja sama dengan Steam, Anda cukup menyiapkan game untuk dirilis, menandatangani dokumen secara digital, lalu membayar biaya pendaftaran sebesar $100. Sebagai catatan, tidak semua game bisa serta merta lolos di Steam. Agar game Anda bisa lolos seleksi, pastikan bahwa game Anda sudah memenuhi kriteria dengan tidak menampilkan konten terlarang seperti pornografi, ujaran kebencian, diskriminasi, malware, eksploitasi anak, hingga konten-konten melanggar hukum lainnya.

Proses peninjauan konten serta dokumen digital plus penandatanganan akan berlangsung selama 30 hari. Begitu semua syarat disetujui oleh pihak Steam, mereka akan memberikan control game berupa akses perilisan dan update kepada developer. Pasca lolos seleksi, Anda diwajibkan untuk membuat halaman coming soon maksimal 14 hari sebelum perilisan game.

Nantinya setelah game dirilis, Anda bisa menginformasikan kepada para konsumen atau kommunitas gamers tentang game Anda melalui halaman toko yang disediakan. Semakin banyak orang yang tertarik akan memperbesar kesempatan Anda untuk meraup keuntungan.

Untuk update perbaikan bug atau penambahan fitur, Anda bisa menggunakan Steam untuk merilis game patches ke pengguna. Langkah ini memungkinkan developer untuk mengoptimalkan kualitas game tanpa menarik produk yang telah dipasarkan. Yuk coba kembangkan game Anda di Steam mulai sekarang!

Menarik sekali bukan artikel kali ini? Demikianlah pembahasan terkait seluk beluk Steam. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan Anda ya. Sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya dari kami seputar dunia teknologi digital!

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: