Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Jasa Owned Media
Owned Media adalah media yang dimiliki perusahaan yang digunakan sebagai media official perusahaan dalam menerapkan tehnik-tehnik pemasaran. Owned media ini dapat berupa media sosial seperti blog, akun SNS dll.
21841
page-template,page-template-full_width,page-template-full_width-php,page,page-id-21841,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-child-theme-ver-1.0.0,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.1,vc_responsive
 

OWNED MEDIA

Telepon / 0361-23-8091

Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA

JASA OWNED MEDIA

Owned Media Adalah

Dalam arti luas, Owned Media adalah media yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Beberapa contoh Owned Media antara lain website, blog, akun Twitter, dan lain-lain. Pada umumnya, Owned Media digunakan sebagai wadah atau sarana untuk mempromosikan atau mengiklankan perusahaan tertentu, misalnya web magazine (majalah elektronik).

Owned Media muncul ketika media sosial mulai menjamur di masyarakat. Saat ini, Facebook dan Twitter adalah media sosial yang paling populer serta paling banyak penggunanya. Oleh karena itu, tren menggunakan media sosial sebagai sarana bisnis pun muncul.

Tidak lama kemudian, diketahui bahwa hanya dengan mengandalkan media sosial saja tidaklah cukup untuk mendukung perkembangan bisnis. Jadi, beberapa langkah lain pun mulai dilakukan seperti menambahkan konten ke website perusahaan yang bersangkutan serta mengoptimisasi hasil pencarian di mesin pencari (dikenal juga sebagai SEO). Demikianlah asal usul dari berkembangnya Owned Media.

Mengapa Owned Media menarik banyak perhatian?

Salah satu alasan banyak yang tertarik dengan Owned Media adalah teknik beriklan konvensional yang sudah tidak efisien lagi. Konsumen kerap kali mengabaikan atau mengganggap iklan sebagai hal yang tidak penting. Sekitar tahun 2000-an, banner-banner iklan yang ada di internet dilihat oleh sekitar 10% pengguna, namun saat ini angka tersebut merosot hingga di bawah 1%. Selain itu, beberapa smartphone bahkan dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan. Berkurangnya efisiensi teknik beriklan konvensional tersebut menjadi salah satu alasan orang-orang beralih ke Owned Media sebagai sarana iklan atau promosi.

Bergantung hanya dengan beriklan juga dapat menjadi masalah karena biayanya yang tinggi. Dengan menggunakan Owned Media, biaya tinggi dari ketergantungan tersebut dapat diatasi.

Dapat Digunakan Sebagai Sebuah Aset

Semakin bertambahnya konten pada Owned Media, maka jumlah pengunjung pun juga meningkat. Sedangkan iklan, jika diberhentikan maka angka penjualan pun menurun. Owned media bekerja seperti aset. Berbeda dengan iklan, biarpun suatu Owned Media jarang atau berhenti diperbarui, jumlah pengunjung yang datang tidak akan berkurang.

Menjadi Brand/Merek Terpercaya

Semakin banyak jumlah konten atau artikel yang bermanfaat tersedia di suatu Owned Media, maka jumlah pengunjung atau pembaca pun juga semakin banyak. Dengan menyediakan konten atau artikel yang bermanfaat tersebut, maka “kepercayaan” terhadap perusahaan Anda dapat diperoleh dari para pengunjung atau pembaca.

Memperoleh Kepercayaan Pelanggan

Ketika suatu Owned Media terus memberikan konten/informasi yang bermanfaat kepada pengunjung, mereka pun akan mendapat kesan bahwa media tersebut adalah media yang bagus dan dapat dipertanggungjawabkan. Maka dari itu, ada berbagai keuntungan yang didapat, seperti meminimalkan persaingan dengan perusahaan lain serta pesanan yang berkelanjutan dari pelanggan setia.

Memperoleh Jangkauan yang Lebih Luas

Dengan menggunakan Owned Media, perusahaan kecil dapat lebih mudah menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan besar dan begitu pula sebaliknya. Selain itu, dengan menyediakan bahasa-bahasa lain dalam Owned Media juga memungkinkan perusahaan lokal untuk memperoleh pelanggan-pelanggan baru dari luar negeri.

Karakteristik Owned Media

Pada umumnya, Owned Media butuh waktu lebih lama untuk dikembangkan, namun kelebihannya ialah dapat digunakan secara tetap bagi sebuah perusahaan. Paid Media (Paid: media yang dibayar untuk promosi/beriklan) memiliki kelebihan dapat digunakan langsung tanpa harus dikembangkan terlebih dahulu. Namun kekurangannya ialah tidak terlalu efisien untuk menarik pelanggan. Earned Media (Earned: media yang dapat menyebarluas dengan sendirinya, contoh media sosial) biasanya agak sulit untuk dikelola, namun kelebihannya adalah mudahnya proses testimoni dari satu pelanggan ke pelanggan lain sehingga dapat menyebar luas dengan sendirinya. Penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan dari ketiga media tersebut apabila bermaksud menggunakannya secara bersamaan.

Pentingnya Konten

Konten adalah faktor terpenting dalam Owned Media, sehingga pertama-tama sangat perlu menyusun dengan matang konten yang akan dibagikan. Setelah itu, barulah konten dibuat dan disebarluaskan agar dapat dianalisis perkembangannya sehingga dapat dikembangkan lebih jauh lagi.
Langkah pertama adalah menentukan tujuan pengerjaan lalu sasaran pengerjaan, misalnya angka penjualan. Selanjutnya, menentukan sasaran pelanggan dan membuat daya tarik (ciri khas konten). Lebih spesifiknya, buatlah rencana konten (keterangan isi konten dan pengalaman pelanggan) agar daya tarik menjadi lebih menarik.

Panduan Membuat Owned Media

Hal terpenting ketika mempersiapkan Owned Media adalah memilih nama yang sepadan dengan tema konten agar mudah diingat pelanggan. Terutama sangat penting mempertahankan kesan baik kepada para pembaca yang telah berkunjung sebelumnya agar mengunjungi kembali halaman website. Owned Media milik kami diberi nama yang sederhana yaitu “Markey”. Nama tersebut datang dari penggabungan 2 buah kata yaitu ‘marketing’ dan ‘Appkey’.
Kami rekomendasikan menggunakan desain layout berupa 2 atau 3 kolom ketika membuat Owned Media, terutama jika Anda tidak terbiasa dalam branding. Mari lihat contoh dari desain layout 2 kolom yang kami gunakan pada blog bisnis kami. Dalam desain kami, poin-poin penting kami tulis dalam bentuk rincian. Mohon diperhatikan baik-baik.

Membangun Owned Media

Ketika membangun sebuah Owned Media, dibutuhkan perusahaan pembuat website untuk membuat sebuah media khusus. Saat ini, membuat website dengan software CMS memungkinkan website diperbaharui dengan mudah. Dengan menggunakan CMS, pembaruan secara berkala pada suatu website pun dapat dilakukan dengan mudah.
Sementara itu, kami sendiri memiliki sistem pengelolaan Owned Media kami sendiri. Sistem kami tidak hanya memberikan layanan desain website yang mudah dan praktis namun juga dapat dihubungkan dengan media sosial serta optimasi mesin pencari (SEO).

Mengoperasikan Owned Media

Hal paling utama yang harus dilakukan sebelumnya adalah menetapkan sistem pengoperasian. Konsistensi adalah hal paling krusial dalam sebuah Owned Media. Pengunjung akan jarang membuka suatu Owned Media apabila isi atau konten dari Owned Media tersebut sangat sedikit dan/atau jarang diperbarui.
Agar proses operasi Owned Media terus berjalan, maka tenaga operator sangatlah diperlukan. Selain itu, membuat susunan kerjasama tim yang matang juga sangat direkomendasikan.
Jika Anda kekurangan tenaga kerja untuk mengerjakannya, Anda dapat menggunakan jasa kami. Jasa yang kami sediakan juga mampu membuat konten artikel serta pengerjaan SEO.

Menentukan Tema Konten

Hal penting selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan tema dari konten yang akan dibagikan guna membangun ciri khas (persona) dari suatu Owned Media, serta informasi-informasi lain yang sekiranya bermanfaat.

Perencanaan konten dan pengalaman pelanggan juga dapat digunakan sebagai patokan menentukan tema konten.

Cara yang kami rekomendasikan adalah memilih tema berdasarkan angka frekuensi pencarian kata kunci di mesin pencari. Dengan menggunakan Google Keyword Planner, siapapun bisa mengecek angka-angka pencarian suatu kata kunci. Namun perlu diingat bahwa semakin sering kata kunci dicari, maka pesaing lainnya pun juga semakin banyak dan berat. Oleh karena itu, pilihlah kata kunci yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pentingnya Dasar-Dasar SEO

Pengetahuan mengenai SEO sedikit tidaknya sangat diperlukan dalam membuat konten. Algoritma pencarian Google menggunakan sistem ‘relevansi kata kunci’, yang berarti semakin sesuai isi atau konten maka semakin tinggi tingkat hasil pencariannya. Perlu dicatat bahwa beberapa waktu lalu, memanfaatkan backlink (pranala balik) cukup efektif dalam menarik pengunjung. Namun saat ini, langkah tersebut jangan coba-coba dilakukan karena pencarian Google sudah dilengkapi sistem AI yang canggih untuk mendeteksi dan memblokir backlink.

Menyebarluaskan Konten

Konten yang sudah dibuat umumnya langsung diterbitkan ke Owned Media, namun ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu cara menyebarluaskan konten tersebut. Cara-cara yang paling umum ialah dengan menggunakan media sosial, email, dan lain-lain. Diiklankan melalui surat kabar atau semacamnya serta meminta dukungan public figure untuk mempromosikan juga cukup membantu. Owned media yang baru diluncurkan tentunya belum populer di kalangan luas. Oleh karena itu, sebar-luaskanlah dengan cara-cara yang sesuai dengan isi konten.

Poin-Poin Melakukan Outsourcing

Ketika melakukan outsourcing suatu Owned Media, terdapat poin-poin yang perlu diperhatikan. Diantaranya: pembuatan Owned Media dengan memaksimalkan penggunaaan SEO, UI/UX, dan pertanyaan-pertanyaan lain, perencanaan strategi untuk mencapai tujuan pemasaran, pembuatan konten dengan memanfaatkan kesadaran pelanggan sasaran serta SEO, penggunaan tenaga kerja operator (report/PDCA) untuk memaksimalkan kinerja. Apabila Anda tertarik dengan jasa layanan Owned Media kami, silakan hubungi kami di kontak di bawah ini.

Perencanaan Konten

Persiapan-Persiapan (Orang, Barang, Hal)

Dalam proses persiapan, kami menjalankan analisis SWOT, 4P, pengalaman pengguna, desain ciri khas, serta perencanaan dan desain konten berdasarkan perspektif operator bisnis.

Sebagai tambahan, kami juga menggunakan jasa yang ahli di bidangnya dalam proses persiapan agar konten yang dibuat sesuai dan berkualitas.

Penulisan Konten

Penulisan yang Sesuai dan Berkualitas

Kami melakukan semua pekerjaan kami berdasarkan permintaan pelanggan kami. Adapun contoh-contoh yang bisa kami kerjakan sesuai permintaan antara lain pengeditan fungsi seperti komposisi dan proofreading, pengarahan komposisi, manajemen progres, dan lain-lain.

Sebagai aturan, kami tidak mengomposisikan penulisan kami dengan crowdsourcing, melainkan menggunakan tenaga ahli yang bergerak di bidang editing production. Hal tersebut bertujuan agar penulisan sesuai dengan konten dan terjamin kualitasnya.

Distribusi Konten

Mengukur Pendistribusian Konten ke Pelanggan Potensial

Selain penyebarluasan melalui SEO, kami juga melakukan penyebarluasan ke pelanggan-pelanggan potensial seperti menggunakan bantuan influencer atau instansi lain yang memiliki potensi promosional tinggi di media sosial. Tentunya kami juga memastikan PDCA terlebih dahulu sebelum mengambil langkah ini.

FLOW

Alur Pemesanan

Orientasi

Kami akan menanyakan mengenai produk atau jasa secara detail. Tentukanlah gambaran target seperti posisi dan strategi dengan singkat, padat, dan jelas.

Perencanaan/Kontrak

Kami akan mendesain dan mengajukan proposal konten bersama dengan planning director sebagai penengah. Selama masa pengajuan, kami akan meminta satu perwakilan dari perusahaan Anda sebagai penanggungjawab dalam desain, pengoperasian, dan penyuntingan akhir dari konten sesuai dengan permintaan.

Penulisan Artikel

Pengarah bertugas mengkoordinir, mengelola, dan menulis segala isi artikel.

Penyuntingan

Penyunting bertugas membuat komposisi, mengecek tata bahasa, dan mengecek evidence. Dalam penyuntingan, tidak hanya dilakukan secara visual namun juga menggunakan alat penyunting serta plagiat checker untuk memastikan keabsahan notasi atau penulisan.

Distribusi/Operasi Awal

Setelah melalui koreksi di bawah pengawasan perusahaan Anda, Owned Media pun siap diluncurkan. Begitu diluncurkan, langkah-langkah pengukuran juga mulai dijalankan seperti PDCA serta optimalisasi-optimalisasi lainnya. Hal tersebut bertujuan agar hasil yang diterima bisa semaksimal mungkin.

FAQ

Pertanyaan yang sering diajukan


Q Berapa lama waktu pengerjaan yang diperlukan?

 

A Sebagai panduan dasar, jika artikel Anda terdiri dari 10 artikel dengan masing-masing 3000 kata, kami dapat menyelesaikannya paling cepat 20 hari kerja. Hubungi kami apabila ingin mengajukan permintaan khusus.

 


Q Apakah saya bisa meminta jasa pengelolaan situs dan penulisan artikel setelah saya membuat Owned Media saya sendiri?

 

A Bisa.
Kami akan mengukur arus masuk dari keseluruhan perencanaan. Kami juga dapat membantu dalam pengembangan situs (bersama dengan perwaklian perusahaan Anda), drafting, pengerjaan CMS, dan lain-lain.

 



Q Bisakah saya meminta koreksi artikel berkali-kali?

 

A Untuk itu, kami akan membatasi sebanyak 2 kali koreksi. Hubungi kami apabila Anda memiliki lebih dari 1 kali permintaan (kemungkinan biaya tambahan).

 

 


Q Pembuatan artikel ini butuh pemahaman khusus. Bisakah Anda mengerjakannya?

 

A Bisa.
Sebagai contoh, kami juga menerima permintaan dari perencana finansial serta dokter dalam penulisan dan pengawasan kami.
Kami akan menggunakan tenaga terbaik sesuai dengan isi dari artikel yang Anda tawarkan karena kami mampu menangani hampir segala jenis artikel.

 


PlanDeskripsi PlanBiaya
Pendaftaran iklan
Jasa agen operasional
Media Sasaran

GoogleAdWords
Google Display Network


Konten

Pengoperasian harian berupa penyesuaian, pengawasan jual-beli, dan creative test ads. Pertemuan rutin juga dapat dilaksanakan berdasarkan permintaan.
Biaya pendaftaran gratis
Biaya bulanan 500.000/bulan

(Sudah termasuk 20% biaya manajemen)
Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk apapun.