Rincian Biaya Pembuatan Aplikasi Blockchain

Telepon / 0361-23-8091

Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan Selama Pengembangan Aplikasi Blockchain

Sama seperti biaya pengembangan aplikasi seluler, biaya untuk membuat aplikasi blockchain berbeda tergantung pada tujuan aplikasi, fitur, dan upaya yang Anda lakukan dalam proses pengembangan. Dengan mempertimbangkan hal ini, berikut adalah berbagai faktor yang perlu Anda lihat untuk membangun aplikasi Blockchain tertentu:

Group-50.png

Ukuran Agensi

Ketika Anda melihat ke dalam industri pengembangan aplikasi seluler dan bagaimana struktur perincian biaya direncanakan dalam domain, Anda akan menemukannya berbagai macam harga yang ditawarkan dari setiap perusahaan pengembang aplikasi seluler sehingga diperlukan perencanaan yang matang untuk pemilihan perusahaan serta rincian biaya yang sesuai.

Sekarang contoh perbedaan rincian biaya dari beberapa Perusahaan Pengembangan Aplikasi Blockchain, terlihat seperti berikut ini.

Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan pengembangan aplikasi besar, dengan ukuran tim 50 ahli.

Aplikasi dikembangkan oleh perusahaan pengembangan aplikasi Mid Cap, dengan ukuran tim 5-10 ahli.

Aplikasi dikembangkan oleh perusahaan freelance atau toko kecil, dengan ukuran tim 2 ahli.

Konsultasikan dan Kembangkan Aplikasi Blockchain Anda Bersama Kami

Group-50-1.png

Biaya Pengembangan Aplikasi Blockchain yang sesuai dengan industri

Industri tempat aplikasi Blockchain Anda akan bergantung juga berdampak pada biaya pengembangan untuk sebagian besar.

Ada sejumlah biaya yang mempengaruhi faktor-faktor yang bervariasi dari satu industri ke industri lainnya seperti kompleksitas dApp, jumlah orang yang akan berinteraksi dengan aplikasi pada waktu tertentu, dan kepatuhan industri, antara lain.

Perbedaan biaya dari satu industri ke industri lainnya dapat dilihat pada bagan di bawah ini :

Group-1810.png

Sesuai Permintaan

Group-1809.png

Perawatan Kesehatan

Group-1394.png

Keanggotaan

Group-1388.png

Aset Digital

Group-2154.png

Keuangan Crypto

Group-2153.png

Kompleksitas Aplikasi Blockchain

Ada sejumlah faktor yang digabungkan untuk menentukan kompleksitas aplikasi seluler Blockchain. Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah tujuan aplikasi Anda. Miliki gagasan yang jelas tentang masalah apa yang dihadapi pengguna akhir, apa solusi yang ada, apa perlunya berinvestasi dalam pengembangan aplikasi blockchain, dan bagaimana aplikasi Anda dapat menawarkan layanan yang lebih baik. Ini akan membantu Anda dalam menentukan jenis aplikasi/solusi blockchain yang harus Anda investasikan. Jika Anda adalah sebuah perusahaan, Anda harus mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini sebelum menerapkan blockchain

Mekanisme Kesepakatan Bersama

Setiap sistem blockchain menggunakan algoritma kesepakatan bersama tertentu (sebuah mekanisme untuk mengizinkan semua anggota untuk mengotentikasi transaksi) seperti Bitcoin menggunakan Proof of Work sementara beberapa sistem berbasis blockchain acak lainnya mungkin menggunakan Proof of Stake, Delegated Proof of Stake, Proof of Elapsed Time, Federated, dll. Jadi, Anda perlu mengevaluasi metode mana yang ideal berdasarkan kebutuhan Anda.

Stack

Dengan setiap platform, muncul serangkaian bahasa pemrograman blockchain dan alat yang berbeda yang perlu Anda perhatikan. Dan setiap tumpukan memiliki manfaat dan keterbatasannya sendiri, yang menyiratkan bahwa Anda perlu fokus pada rangkaian tumpukan yang tepat untuk pengembangan yang efektif sehingga setiap fungsi berjalan pada tumpukan yang sesuai pada saat pengembangan.

UI/UX

Setelah semua hal backend diputuskan, langkah selanjutnya adalah membuat UI dan konsol admin. Di sini, Anda akan memutuskan bahasa pemrograman front-end yang tepat, server, dan database eksternal untuk proses pengembangan aplikasi Anda agar pengembangan berjalan dengan baik.

Platform

Ada banyak platform di mana Anda dapat membangun aplikasi blockchain tanpa memulai dari awal, termasuk Ethereum, Polygon, Solana, Cardano dan lainnya. Jadi, sekali lagi disarankan untuk mempertimbangkan semua platform apa saja yang dapat berjalan dengan baik dengan tujuan aplikasi Anda dan kemudian bergerak maju dan dapat berjalan baik pada platform tersebut sehingga meminimalisir adanya kesalahan dan bug pada aplikasi yang telah dibuat tersebut.

API

Meskipun Anda mungkin menemukan berbagai API yang sudah dibangun sebelumnya untuk proses pengembangan yang tersedia di pasar, Anda mungkin diharuskan untuk membangun API untuk kasus penggunaan tertentu, termasuk melakukan otentikasi dan audit data, menghasilkan pasangan kunci dan alamat, menyimpan dan mengambil data, mengelola interaksi kontrak pintar dengan sistem, dan lainnya.

Proof

Blockchain masih dalam tahap awal, jadi lebih baik menggunakan pendekatan pengembangan MVP. Dalam bahasa awam, disarankan untuk membuat solusi yang bisa diterapkan dengan fitur inti dari aplikasi yang direncanakan dan mengujinya, daripada meluncurkan solusi lengkap.

Sekarang, akumulasi dari semua faktor ini adalah apa yang menentukan skala kompleksitas aplikasi Blockchain. Struktur rincian biaya yang ditentukan oleh kompleksitas DAPP akan terlihat seperti berikut ini.

Aplikasi Berbasis Blockchain Kompleksitas Rendah

Jenis Aplikasi

  • Aplikasi Pembayaran yang dikembangkan di sekitar Cryptocurrency yang ada,
  • Pengembangan Kontrak Cerdas Dasar.

 

Klik “Hubungi Kami” untuk mengetahui biaya aplikasi blockchain kompleksitas rendah

Aplikasi Berbasis Blockchain Kompleksitas Sedang

Jenis Aplikasi

  • DAPP dikembangkan di atas Platform Blockchain yang ada,
  • Desentralisasi Sedang,
  • Arsitektur memiliki Elemen Terpusat dan Terdesentralisasi.


Klik “Hubungi Kami” untuk mengetahui biaya aplikasi blockchain kompleksitas sedang

Group-50-3.png

Kategori Aplikasi Blockchain

Dalam pengembangan aplikasi blockchain terdapat beberapa kategori atau jenis aplikasi yang membedakan antara satu sama lain, sehingga pemilihan kategori yang tepat dapat memudahkan dalam melakukan pengembangan aplikasi agar bisa efisien dan maksimal. Jenis aplikasi blockchain (solusi bertenaga blockchain) secara luas dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu :

Solusi berbasis mata uang kripto

Seperti yang digambarkan oleh namanya, solusi ini bergantung pada cryptocurrency untuk melakukan yang terbaik. Ini terdiri dari DAPP, dompet, solusi pertukaran kripto dan ICO dengan solusi DAPP.

Solusi berbasis non-mata uang kripto

Solusi/perangkat lunak ini tidak bergantung pada mata uang kripto. Solusi ini didasarkan pada sistem buku besar terdistribusi dan sangat digunakan dalam sistem manajemen Inventaris.

Group-50-4.png

Layanan Aplikasi Blockchain

Layanan atau jasa dalam  sebuah aplikasi dapat terbagi menjadi beberapa jenis agar pelanggan dapat dengan mudah memilih jasa yang diinginkan tidak terkecuali untuk  aplikasi blockchain, dalam aplikasi blockchain terdapat beberapa layanan atau jasa yang dapat dipilih oleh pelanggan untuk membuat aplikasi blockchain. Layanan aplikasi blockchain tersebut terdiri dari :

Dompet Kripto

Ini pada dasarnya adalah dompet digital aman yang dipertimbangkan untuk menyimpan, mengirim dan menerima mata uang kripto seperti Bitcoin, Dogecoin, Ethereum, dan lainnya..

Pertukaran Kripto

Crypto Exchange memberdayakan pengguna untuk mengonversi dan memperdagangkan bitcoin dan mata uang kripto lainnya dalam lingkungan terpusat, terdesentralisasi, atau hibrida.

ICO

ICO (Initial Coin Offerings) mengacu pada mekanisme menghasilkan dan menjual mata uang kripto / token kripto. Ketika datang ke pengembangan ICO, biaya membangun solusi blockchain ICO tergantung pada elemen-elemen kunci seperti White Paper yang berisi deskripsi terperinci dari keseluruhan ide yang mempengaruhi keseluruhan biaya pengembangan ICO. MVP yang penting dalam proses penghitungan biaya pengembangan aplikasi blockchain karena prototipe harus memahami aspek masa depan. Penasihat Terkenal dapat mengumpulkan dana yang lebih tinggi, tetapi menuntut bagian dari dana sebagai hadiah.

Teknologi Buku Besar Terdistribusi (DLT)

DAPP dan solusi berbasis Teknologi Buku Besar Terdistribusi (DLT): Aplikasi terdesentralisasi (DAPP) adalah jenis aplikasi yang tidak diatur oleh satu entitas. Aplikasi ini berjalan pada jaringan Peer-to-Peer (P2P), bukan pada satu komputer.
Dalam jenis solusi berbasis non-mata uang kripto ini, basis data dikelola secara independen oleh setiap simpul tertentu dalam jaringan; catatan tidak dikomunikasikan oleh otoritas pusat. Biaya pengembangan aplikasi blockchain terdesentralisasi dan aplikasi berbasis DLT (Distributed Ledger Technology) secara langsung tergantung pada upaya yang diinvestasikan.

Sifat jaringan Blockchain

Jaringan blockchain pribadi adalah sistem berbasis izin di mana semua izin terpusat ke suatu organisasi. Ini menyiratkan bahwa Anda perlu meminta otoritas pusat setiap kali melakukan transaksi apa pun. Sedangkan, jaringan blockchain Publik bertindak tanpa izin, yang berarti Anda dapat membuat aplikasi blockchain di mana siapa pun dapat berpartisipasi dalam proses konsensus tanpa mengorbankan persyaratan keamanan.

Pengembangan Kontrak Pintar

Seperti yang sudah dijelaskan, kontrak pintar memungkinkan DAPP untuk terhubung dengan sistem blockchain. Dengan demikian, biaya pengembangan kontrak pintar juga menambah biaya pengembangan DAPP karena kontrak pintar menjadi suatu elemen penting sebagai suatu ketentuan yang harus diperhatikan dan diikuti sehingga meminimalisir adanya penyalahgunaan dikemudian hari dan juga menjadi kekuatan kita dalam bertransaksi.

Penjelajah Blok

Block explorer, dalam istilah yang lebih sederhana, adalah browser blockchain online di mana Anda dapat menilai isi blok dan transaksi individu, riwayat transaksi bersama dengan saldo alamat yang mana semua data transaksi dalam blockchain tersebut tercatan dan dapat diketahui aliran dari setiap transaksi tersebut sehingga setiap transaksi dapat diawasi.

Tingkat Desentralisasi

Tingkat desentralisasi yang Anda lanjutkan untuk hosting konten yang efektif juga memengaruhi biaya aplikasi.
Jika tingkat desentralisasi rendah, prosesnya akan lebih sederhana dan lebih murah. Sedangkan, penerapan tingkat desentralisasi yang lebih tinggi akan mengarah pada desentralisasi murni yang akan menjadi kompleks dan mahal.