Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | 7 Aplikasi Buat Aplikasi Android Secara Offline
Aplikasi buat aplikasi android apakah Ada? Tentu ada. Anda yang memiliki niat untuk belajar membuat aplikasi Android tentu membutuhkan aplikasi ini, Aplikasi ini yang paling umum digunakan oleh para programmer Android.
18466
post-template-default,single,single-post,postid-18466,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

7 Aplikasi Buat Aplikasi Android Secara Offline

Beberapa waktu yang lalu, dulunya sebuah aplikasi hanya memakai resource dalam perangkat yang terinstal saja. Yang mana, hal tersebut lebih familiar disebut aplikasi offline. Pada dasarnya, aplikasi jenis ini dapat menyimpan data-data pada perangkat yang digunakan, sehingga ketika hendak menggunakan perangkat baru harus dipastikan terlebih dahulu, apakah aplikasi yang sama telah terinstal di dalamnya atau tidak.

Kemudian beberapa tahun berikutnya, mulai dikembangkan aplikasi berbasis internet atau yang sering disebut sebagai aplikasi online. Aplikasi buat aplikasi Android apakah ada? Tentu saja ada, baik itu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi OS Android offline maupun online. Namun, jika diharuskan untuk memilih, apakah yang akan Anda buat? Aplikasi offline ataukah aplikasi online?

Keduanya pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Aplikasi online biasanya memiliki dukungan fitur dari banyak platform, sehingga bisa digunakan untuk OS Android, iOS, Windows dan yang lainnya. Hanya saja, aplikasi online tidak memerlukan proses penginstalan, sehingga Anda bisa menggunakan berbagai jenis hardware dalam mengoperasikannya. Yang mana dapat dikatakan bahwa aplikasi online merupakan jenis aplikasi yang 100% menggunakan internet. Contoh aplikasi online: YouTube, Game Online, WordPress dan lain-lain.

Selain aplikasi offline dan online, ternyata ada juga aplikasi setengah online dan setengah offline. Jenis aplikasi setengah offline dan setengah online ini bisa diinstal seperti aplikasi pada umumnya, namun datanya akan disimpan dalam bentuk cloud computing. Cara kerja aplikasi jenis ini hampir mirip seperti game online, karena kita hanya perlu menyimpan data ID dan password saja, sehingga walau dibuka menggunakan smartphone atau perangkat lain, kita masih bisa mengaksesnya dengan ID dan password yang sama.

Aplikasi Buat Aplikasi Android Online Atau Offline

Jika Anda diberikan kesempatan untuk membuat aplikasi OS Android dengan menggunakan aplikasi buat aplikasi Android, maka apa yang akan Anda buat? Apakah ingin membuat aplikasi Android berbasis online ataukah aplikasi Android berbasis offline?

Artikel Terkait  Buat Aplikasi Online Dengan Mudah Secara Gratis

Seperti yang sudah kita ketahui, aplikasi offline dalam akses dan pengoperasiannya hampir tidak memerlukan koneksi internet, karena memang bisa digunakan tanpa menggunakan jaringan internet. Sebaliknya, aplikasi online hanya bisa diakses dan digunakan dengan menggunakan jaringan internet. Lantas, mana yang lebih unggul diantara keduanya?

Aplikasi Online

  • Mempunyai banyak kelebihan, sehingga jauh lebih unggul.
  • Data-data yang tersimpan di dalam aplikasi online mudah bocor ke tangan orang lain apabila perangkat yang digunakan tidak didukung dengan sistem keamanan tinggi.
  • Memiliki kemampuan dalam melakukan back up data.
  • Mampu memberikan akses yang lebih fleksibel dan memiliki kompatibilitas yang tinggi.
  • Hanya dapat digunakan dan diakses menggunakan jaringan internet.

Aplikasi Offline

  • Bisa diakses, digunakan dan dioperasikan tanpa menggunakan jaringan internet.
  • Mencegah terjadinya kebocoran data-data penting dan bersifat sensitive.
  • Hampir tidak memiliki kemampuan dalam mem-back up data.
  • Tidak memiliki bekalan banyak fitur yang bisa diakses.

Secara sederhana, penggunaan aplikasi online memang lebih banyak dilirik karena berbagai kelebihan dan keunggulannya. Namun, ada beberapa alasan yang membuat beberapa orang cenderung memilih aplikasi offline, terutama memang dapat digunakan dan dioperasikan secara gratis tanpa menggunakan jaringan internet.

Intinya, baik aplikasi online dan aplikasi offline, keduanya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Namun sejatinya, di Indonesia baik aplikasi offline maupun aplikasi online, keduanya memiliki lebih banyak peminat, karena memang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Lantas, apakah Anda bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk membuat aplikasi offline yang dilengkapi dengan aneka fitur canggih yang menunjang? Dan, apakah nantinya Anda mampu untuk membuat aplikasi online dengan sistem keamanan tinggi?

Aplikasi Buat Aplikasi Android Secara Offline

Apabila memiliki niat dan hendak belajar untuk membuat aplikasi Android, maka langkah yang paling tepat adalah memilih aplikasi offline terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi tersebut.

Aplikasi buat aplikasi android secara offline apakah Ada? Tentu ada. Anda yang memiliki niat untuk belajar membuat aplikasi Android tentu membutuhkan aplikasi ini, yakni aplikasi ini yang paling umum digunakan oleh para programmer Android. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya:

Aplikasi Android Studio

Android Studio merupakan jenis aplikasi profesional yang memang sengaja dikembangkan untuk merancang dan membuat aplikasi berbasis Android resmi dari pihak Google.

Pada tahun 2005, OS Android telah resmi diakuisisi oleh Google dengan nilai yang terbilang cukup fantastis. Pasalnya, Google memang beranggapan bahwa OS Android akan memiliki masa depan yang cemerlang nantinya. Hal tersebut memang benar, karena saat ini OS Android telah menjadi yang terpopuler dan terfavorit di dunia.

Mungkin itulah yang menjadi alasannya, mengapa Google menciptakan sebuah platform yang mendukung OS Android secara penuh, yakni platform Android Studio yang telah resmi dirilis pada tahun 2013 lalu.

Aplikasi Android Studio saat ini versi terbarunya adalah 3.4.1. Di dalamnya, telah disediakan banyak fitur yang memudahkan dan meningkatkan produktivitas pengguna dalam merancang serta mengembangkan aplikasi berbasis Android. Adapun keunggulan dari Android Studio, meliputi:

  • Telah dilengkapi dengan sistem versi berbasis Gradle yang fleksibel.
  • Telah dilengkapi dengan Emulator yang cepat dan kaya akan bekalan fitur.
  • Memiliki kapasitas lingkungan yang menyatu bagi setiap pengembangan semua perangkat Android.
  • Memiliki fitur Instant Run yang dapat digunakan untuk mendorong adanya perubahan ke aplikasi yang berjalan tanpa harus membuat aplikasi baru.
  • Memiliki template kode dan integrasi GitHub untuk membuat fitur aplikasi yang sama serta dapat difungsikan untuk mengimpor kode contoh.
  • Dilengkapi dengan alat pengujian dan kerangka kerja yang bersifat ekstensif.
  • Dilengkapi dengan alat Lint yang difungsikan untuk meningkatkan kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan mengatasi masalah-masalah lainnya.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Anda dapat membuat dan mengembangkan aplikasi Android melalui Aplikasi Android Studio, yakni dengan memakai menggunakan bahasa pemrograman Java, Kotlin, dan C++.

Aplikasi Eclipse

Aplikasi buat aplikasi Android secara offline selanjutnya adalah Eclipse. Yang mana, Eclipse merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat dan mengembangkan software aplikasi pada semua platform, tak terkecuali untuk OS Android.

Pada dasarnya Eclipse dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Namun, Eclipse juga mendukung pengembangan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman jenis lain, seperti Phyton, Perl, Php, C, C++ dan lain sebagainya.

Google telah lebih awal memberikan dukungan penuh kepada Eclipse, jauh sebelum dirilisnya Android Studio. Walaupun demikian, saat ini masih banyak para developer aplikasi Android yang tetap setia untuk menggunakan Eclipse karena adanya faktor tertentu.

Aplikasi Eclipse sendiri memiliki sifat open source dan mempunyai banyak plugin seperti android studio. Namun dikarenakan sejak adanya Android Studio, saat ini lebih banyak android developer yang memutuskan beralih menggunakan Android Studio, karena memang memiliki fitur yang lebih lengkap dan telah mendapatkan dukungan penuh dari Google.

Aplikasi Eclipse memiliki beberapa versi yang dirilis dari tahun 2004 hingga sekarang antara lain: Eclipse Galileo, Helio, Callisto, dan sebagainya. Yang mana, Anda bisa memilih dan menggunakannya salah satu diantaranya sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi Adobe Flash

Sebelum dikenal dengan nama Adobe Flash, dulunya aplikasi ini bernama Macromedia Flash, yakni aplikasi sekaligus software yang dapat digunakan untuk merancang, membuat sekaligus mengembangkan aplikasi berbasis Android.

Sebenarnya, fungsi utama dari Adobe Flash ini adalah untuk menggambar vektor dan juga animasi. Namun, setelah diakuisisi oleh Adobe System pada Desember 2005 lalu, aplikasi ini berganti nama yang sekaligus juga dapat digunakan sebagai media pembuatan dan pengembangan aplikasi OS Android.

Aplikasi Xamarin

Pada urutan aplikasi buat aplikasi Android secara offline selanjutnya adalah Xamarin, yakni aplikasi yang memang difungsikan untuk membuat aplikasi cross platform (android, ios, dan windows phone) dengan menggunakan bahasa pemrograman C#.

Aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan IDE Xamarin akan memiliki kualitas sebaik aplikasi native Android atau iOS. Yang mana, aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh orang yang sudah menguasai basic pemrograman C# dengan baik.

Terdapat dua jenis aplikasi Xamarin yang dibedakan dari jenis pengembangnnya, yakni:

  • Xamarin yang terintegrasi dengan Visual Studio: Direkomendasi untuk digunakan untuk para developer sudah terbiasa dengan OS Windows dan Visual Studio.
  • Xamarin Studio: Direkomendasikan untuk para developer sudah terbiasa menggunakan OS Mac.

Dalam penggunaan setiap jenisnya, tampilan antarmuka atau interface Xamarin dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semisal, jika Anda sedang mengembangkan aplikasi iOS maka tampilannya akan mirip dengan XCode. Namun, ketika Anda mengembangkan aplikasi android, maka tampilan user interfacenya akan mirip dengan yang ada pada aplikasi Eclipse.

Aplikasi Netbeans

Tak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, karena NetBeans merupakan aplikasi sekaligus software yang dapat digunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis Android dengan bahasa pemrograman Java, c++, php, dan lainnya.

Program yang dimiliki oleh NetBeans bersifat Open Source, karena memang dapat digunakan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi java berbasis desktop. NetBeans merupakan aplikasi yang resmi dirilis oleh perusahaan Oracle beberapa tahun yang lalu. Yang mana untuk menggunakannya, Anda diharuskan untuk menginstall JDK dan JRE.

Aplikasi Apache Cordova

Dulunya salah satu aplikasi buat aplikasi Android secara offline ini bernama PhoneGap. Sebenarnya, Apache Cordova adalah suatu framework yang difungsikan sebagai tempat pengembangan aplikasi mobile berbasis Android, iOS, dan Windows Phone.

Dengan menggunakan Apache Cordova, maka memungkinkan para developer dalam membuat aplikasi menggunakan HTML 5, CSS3, dan Javascript. Namun aplikasi ini memiliki keunggulan tersendiri, karena ketika menggunakannya, Anda tidak perlu lagi menggunakan API yang spesifik untuk masing-masing platform.

Dengan kata lain, Anda hanya dengan bermodalkan bahasa pemrograman web, Anda sudah dapat membuat aplikasi berbasis mobile yang bisa dioperasikan pada OS yang berbeda yaitu: Android, iOS, dan Windows Phone.

Aplikasi Unity

Sebelumnya, aplikasi Unity hanya bisa digunakan untuk MacOS saja. Namun, saat ini aplikasi Unity telah menjelma sebagai software multi platform, karena memang sudah bisa digunakan pada OS jenis lain, seperti Linux dan Windows.

Pada dasarnya, Unity merupakan Game Engine karena memang dikhususkan sebagai aplikasi sekaligus software yang digunakan dalam pembuatan dan pengembangkan aplikasi berbasis game, baik secara 2D maupun 3D.

Aplikasi yang telah dirilis perdana di tahun 2005 dalam acara Apple’s Worldwide Developers Conference ini, dapat digunakan untuk mengembangkan game dengan menggunakan jenis-jenis bahasa pemrograman, seperti : Javascript, C#, dan lainnya. Yang mana hasil aplikasi game yang dibuat dari Unity dapat bisa di compile untuk Windows, Mac, iOS, Android, Playstation, dan sebagainya.

Itulah rangkuman 7 software sekaligus aplikasi buat aplikasi android secara offline. Yang mana, aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi-aplikasi yang paling umum digunakan oleh para programmer Android. Jika Anda merupakan pemula dan ingin serius menjadi android developer, maka sebaiknya memilih Android Studio untuk mengembangkan aplikasi android pertama Anda. Sebab, Android Studio memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan pemula dalam membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis Android.

Artikel Terkait  Aplikasi Website Terbaik Untuk Membuat Web

Akan tetapi, walaupun Anda ingin mencoba untuk membuat aplikasi Android sendiri, namun setidaknya Anda harus memiliki kemampuan dasar pemrograman. Sebab, pembuatan aplikasi harus didasari dengan kode-kode bahasa pemrograman yang sesuai. Belum lagi, Anda pun juga harus menambahkan desain tampilan dan fitur-fitur dalam aplikasi tersebut.

Memang tak ada salahnya jika berkeinginan untuk belajar, namun jika Anda menginginkan sebuah aplikasi profesional untuk menunjang kelancaran bisnis atau usaha Anda, maka gunakan saja jasa kami, karena Appkey.co.id merupakan jasa pembuat aplikasi terbaik, terpercaya, profesional sekaligus selalu dapat diandalkan dalam memenuhi setiap kebutuhan Anda.

Kenapa Harus Pakai Aplikasi Buat Aplikasi Android Secara Offline?

Baik para developer aplikasi pemula hingga profesional memang lebih banyak memilih untuk menggunakan aplikasi buat aplikasi Android secara online. Lantas apa alasannya? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya:

Memiliki Fleksibilitas Tinggi

Dengan menggunakan aplikasi atau software pembuat aplikasi Android yang dioperasikan secara offline (tanpa menggunakan jaringan internet), tentu saja para developer aplikasi dapat lebih mudah dan leluasa dalam merancang dan mengembangkan aplikasi sesuai dengan harapan mereka. Pasalnya, proses pembuatan aplikasi tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat dan memerlukan perhitungan yang cukup rumit, sehingga akan lebih mudah bagi mereka dengan menggunakan aplikasi atau software offline.

Memiliki Sistem Keamanan Tinggi

Aplikasi yang dioperasikan secara offline memiliki sistem keamanan yang lebih terjamin. Pastinya Anda pun tidak mau, bahwa aplikasi yang telah dirancang dan dikembangkan dengan susah payah diklaim maupun diplagiat menjadi hak milik serta karya developer lain.

Menghemat Biaya

Posisikan diri Anda sebagai developer aplikasi atau jasa pembuat aplikasi seperti kami. Sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pembuatan aplikasi Android sesuai dengan permintaan dan kebutuhan klien, tentu Anda akan berupaya sebaik mungkin dalam mewujudkannya. Nah, dalam hal ini tentu Anda membutuhkan aplikasi yang bisa diajak kerja sama dengan baik untuk melancarkan pekerjaan Anda, karena klien pasti akan meminta dibuatkan aplikasi terbaik, berkualitas tinggi sekaligus berharga terjangkau. Yang mana, semua itu bisa praktis diwujudkan hanya berbekal penggunaan aplikasi maupun software yang dioperasikan secara offline.

Apakah Appkey.co.id juga menggunakan salah satu dari aplikasi tersebut? Tentu saja, namun selain menggunakan beberapa salah satu tersebut, kami memiliki skill pemrograman dan kemampuan IT yang sangat baik, sehingga tidak sulit bagi kami untuk menghasilkan aplikasi OS Android berkemampuan serta berkualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lebih Baik Pilih Appkey Ketimbang Menggunakan Aplikasi Buat Aplikasi Android

Di saat para rival atau competitor perusahaan Anda telah menjalin dan merangkul banyak pelanggan dengan aplikasi yang telah mereka miliki, apakah Anda masih terus berkutat dalam belajar membuat aplikasi sendiri?

Sebenarnya memiliki keinginan untuk berusaha dan belajar merupakan hal yang sangat baik. Namun, jika aplikasi pertama yang ingin Anda buat digunakan dalam pemasaran bisnis Anda ke tahap yang serius, maka hal tersebut akan menjadi kesalahan yang fatal. Sebab, sebagai seorang pemula tentu Anda masih perlu banyak belajar dan perlu melakukan banyak percobaan, sehingga akan memakan banyak waktu untuk membuat dan menghasilkan sebuah aplikasi OS Android keperluan bisnis yang benar sempurna dan profesional.

Artikel Terkait  6 Website Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Website

Semakin lama mengulur waktu untuk menggunakan jasa kami, maka bisnis atau usaha Anda akan semakin tertinggal dengan yang lain. Intinya, boleh-boleh saja untuk menggunakan aplikasi buat aplikasi Android secara offline sebagai tahap pembelajaran. Namun, jika berkeinginan untuk memiliki aplikasi profesional yang dapat meningkatkan penghasilan dan menambah pelanggan, maka sangat perlu untuk menggunakan jasa Appkey.co.id. Mengapa demikian? Berikut adalah penjelasannya:

  • Kami memiliki tim profesional yang ahli, mahir, berpengalaman dalam membuat aplikasi OS Android profesional sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.
  • Kami akan membuatkan aplikasi dengan tampilan yang menarik dan modern, serta dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan para pengguna dalam mengoperasikannya.
  • Kami akan bertanggung jawab secara penuh dalam melakukan proses perancangan, pembuatan, perkembangan hingga proses pengujian aplikasi yang telah kami buat. Sebab, kami akan benar-benar memastikan bahwa pelanggan dan pengguna aplikasi tersebut akan merasa terpuaskan.
  • Dengan kemampuan IT tinggi yang dimiliki oleh Appkey.co.id, maka tidak sulit bagi kami untuk menjawab kebutuhan Anda, yakni untuk memiliki aplikasi canggih dan berkualitas dengan harga murah.
  • Appkey.co.id akan selalu memberikan total support sebagai sarana pelayanan terbaik yang akan kami berikan atas kepercayaan yang telah Anda berikan kepada kami.

Jika hendak belajar membuat aplikasi dengan bantuan aplikasi buat aplikasi Android secara offline, maka aplikasi jenis apa yang akan Anda buat? Namun, apabila hendak memesan aplikasi profesional, berkualitas dan siap pakai, lantas aplikasi jenis apa yang akan Anda pesan dari Appkey.do.id? Sebab, kami akan selalu siap dalam memenuhi dan mewujudkan apapun yang menjadi kebutuhan, permintaan sekaligus keinginan Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami Kontak Kami
Pengenalan Perusahaan Pengenalan Layanan
Tags: