Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan Website
Biaya pembuatan aplikasi android dan website tergantung dari spesifikasi aplikasi atau website yang mau dibuat. Harap hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
18615
post-template-default,single,single-post,postid-18615,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan Website

Biaya pembuatan aplikasi android berbeda-beda. Ada yang harganya sekitar 5 jutaan akan tetapi, ada juga yang harganya mencapai ratusan hingga milyaran rupiah. Karena hal tersebut, sebelum memesan aplikasi android maupun iOS, Anda perlu menentukan anggaran atau perhitungan biaya aplikasi yang ingin Anda buat.

Jikapun Anda merupakan orang yang menjadi pembuat aplikasi baik android maupun iOS, maka Anda harus dapat menentukan harga Anda sendiri agar tidak merugikan Anda. Ketika Anda menerima permintaan untuk mengerjakan aplikasi dari klien, Anda harus melakukan diskusi lebih dahulu dengan mereka.

Diskusi tersebut dapat membahas mengenai apa saja feature yang harus disematkan pada aplikasi tersebut ataupun ketentuan yang harus ada di aplikasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari biaya yang lebih tinggi atau lebih rendah di akhir ketika pembuatan aplikasi. Kecuali jika sudah ada perjanjian mengenai hal itu dan disetujui oleh kedua belah pihak.

Seperti kontrak di awal pembuatan aplikasi. Isinya mengenai, harga pembuatan aplikasi yang bisa berubah sesuai dengan kebutuhan aplikasi dengan sepengetahuan dari klien. Sehingga, ketika ada perubahan, seperti karena penambahan feature, klien harus diberi tahu terutama ketika ada penambahan biaya agar klien tidak merasa dirugikan dikemudian harinya.

Biaya Pembuatan Aplikasi Android

Pada dasarnya terdapat lima faktor yang akan mempengaruhi besarnya biaya pembuatan aplikasi android terutama untuk Anda yang membuat aplikasi tersebut baik ketika dikerjakan sendiri atau dibuat bersama tim. lima faktor tersebut yaitu:

Scope Pekerjaan

Hal yang termasuk di dalam suatu produk atau project IT dan prosesnya disebut dengan scope. Dalam scope pekerjaan, agar Anda tahu apa saja yang harus dikerjakan, maka Anda juga harus mendefinisikan apa yang klien minta. Kemudian membagi tahapan-tahapannya mulai dari rencana ke rancangan sehingga akhirnya menjadi rangkaian.

Artikel Terkait  Harga Pembuatan Aplikasi Android dan Website

Dari penjabaran rangkaian yang sudah dituliskan tersebut, Anda dapat melakukan estimasi waktu. Berapa waktu yang diperlukan untuk mengerjakan 1 proses pembuatan aplikasi. Dengan cara tersebut, Anda dapat memberikan kejelasan kepada klien mengenai berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aplikasi yang diminta tersebut.

Proses Pengerjaannya

Hal yang dimaksud di sini adalah tingkat kesulitan dari proses pengerjaan aplikasi yang akan dibuat. Apakah aplikasi tersebut susah untuk dikerjakan? Mudah dan sederhana kah? Atau justru memiliki alur dan kode yang kompleks sehingga membutuhkan waktu lama untuk proses pengerjaannya.

Susah atau tidaknya pembuatan aplikasi tersebut dipengaruhi juga oleh proses atau tahapan pembuatan yang terdiri dari:

  • Pemahaman terhadap apa yang diinginkan oleh klien karena ketidaktepatan dalam memahami apa yang dimau atau dibutuhkan oleh klien akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari software atau aplikasi. Bisa saja aplikasi tidak sesuai sehingga Anda harus mengganti atau membenahinya dan penilaian untuk Anda berkurang.
  • Brainstorming untuk mendefinisikan mengenai apa yang dibutuhkan agar nantinya Anda juga mendapatkan credit atas apa yang Anda kerjakan.
  • Inisiasi dimana proses ini mulai dari menulis draf design hingga prototyping yang nantinya akan dikembangkan menjadi draft secara menyeluruh.
  • Prototyping atau membuat gambaran kasarnya mengenai aplikasi yang akan dibuat.
  • Melakukan proses pengembangan dengan dasar prototype yang dipergunakan tersebut sehingga menjadi suatu aplikasi yang dibutuhkan oleh klien.
  • Revisi. Proses ini tidak akan lepas dari tahapan pembuatan apapun itu terlebih jika melibatkan klien. Tahapan revisi dilakukan ketika program atau aplikasi sudah selesai dan kemudian diperlihatkan ke klien sehingga klien bisa tahu bagian mana saja yang sesuai dan yang tidak. Dari proses ini juga Anda bisa tahu apakah ada penambahan atau justru mengalami pengurangan biaya karena ada bagian yang harus ditambah ataupun dikurangi, misalnya fiturnya.
  • Final version. Jika aplikasi sudah selesai di tes untuk tahu apakah ada bug atau tidak serta sudah lolos dari revisi, terutama revisi klien, maka Anda harus menyerahkannya ke klien sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan sebelumnya. Karena panjangnya tahapan proses pembuatan tersebutlah, maka proses ini menjadi salah satu penentu besar kecilnya biaya pembuatan aplikasi Android terutama untuk aplikasi yang kompleks. Hal itu disebabkan programmer atau desainer harus tahu mana yang akan dikerjakan lebih dahulu dan mana yang di bagian minor sehingga aplikasi cepat selesai.

Biaya Standar per Jam

Tidak ada orang yang ingin bekerja selama 24 jam penuh terutama jika pekerjaan tersebut membutuhkan pemikiran dan fokus penuh, dan hal tersebut juga berlaku untuk tim yang terlibat dalam pembuatan aplikasi. Besaran biaya yang harus dibayarkan kepada Anda akan sangat menentukan biaya untuk pembuatan aplikasi ataupun proyek IT lain.

Anda harus memperhitungkan berapa besar biaya Anda per jamnya. Mudahnya perhitungan ini dirumuskan dengan cara:

Harga per jam= harga yang dibayarkan: (total jam kerja x total hari).

Sehingga jika Anda pernah mendapatkan gaji 5 juta rupiah dengan waktu kerja 8 jam per hari untuk waktu 12 hari, maka yang Anda terima adalah 5.000.000: (8×12) = 52.083. Jika dibulatkan, per jamnya Anda akan menerima Rp 52.000.

Biaya per jam ini bisa saja naik seiring dengan semakin berkembangnya kualitas dari skill yang Anda miliki. Sehingga semakin tinggi skill yang Anda miliki maka waktu yang dibutuhkan biasanya juga akan semakin berkurang (kecuali jika aplikasi tersebut sangat kompleks) namun, biaya per jam yang Anda peroleh akan semakin tinggi.

Investasi

Hal yang dimaksud dalam investasi pada bagian ini merupakan proses apa saja yang dikerjakan dan biaya yang harus keluar karena hal tersebut termasuk untuk keperluan pribadi. Biaya akan semakin lebih besar terlebih ketika Anda membutuhkan survey untuk membuat aplikasi android tersebut.

Rumus untuk tahu biaya yang harus dibayarkan adalah biaya kerja per jam x total proses atau lama kerjanya. Sehingga, misalnya Anda memiliki biaya per jam Rp 52.000 dan total lama bekerja adalah 192 jam yang diperoleh dari 24 hari masuk kerja dengan 1 harinya bekerja selama 8 jam.

Sehingga untuk proyek 1 bulan, harga yang harus dibayarkan adalah 192×52.000 = Rp 9.984.000. Jadi, harga proyek Anda adalah sekitar Rp 9.984.000. Akan tetapi, harga ini bisa saja berubah sesuai dengan situasi dan kondisinya.

Resiko

Masing-masing pekerjaan memiliki resiko yang berbeda-beda. Ada yang resikonya cukup tinggi dan ada juga yang memiliki resiko rendah. Walaupun resiko ini tidak dapat dihindari namun setidaknya dapat Anda minimalisir. Semakin besar resikonya maka biaya yang dipatok juga akan semakin besar.

Pada dasarnya ada 2 jenis resiko yaitu besar dan kecil. Perubahan minor seperti ada fitur sederhana yang harus ditambahkan termasuk resiko kecil. Namun, jika aplikasi tersebut harus diubah, maka itu menjadi resiko besar yang akan membuat biaya pembuatan aplikasi menjadi membengkak.

Untuk tahu resiko besar atau kecil maka Anda juga harus mendeteksi mengenai resiko tersebut. Apa saja yang menyebabkan resiko terjadi, potensi apa saja yang akan terjadi jika resiko tersebut terjadi serta kesulitan untuk mendeteksi resiko sehingga bisa diminimalisir atau dihindari.

Besar Biaya Pembuatan Aplikasi Android Sesuai Klien

Walaupun sudah memperhitungkan lima factor yang sudah dijelaskan di atas untuk mengetahui besar sedikitnya biaya pembuatan aplikasi android, namun biaya tersebut bisa saja berubah sesuai dengan permintaan klien yang Anda tangani.

Pada dasarnya, aplikasi dibagi menjadi dua sesuai dengan siapa yang akan menggunakan aplikasinya, yaitu:

Konsumen Secara Umum

Aplikasi yang dibuat untuk konsumen secara umum, atau tidak terikat dengan golongan tertentu, biasanya lebih mahal karena harus mencakup semua pangsa pasar. Beberapa jenis aplikasi tersebut yaitu:

  • Aplikasi dasar yang isinya mengenai suatu aplikasi yang dilengkapi dengan fitur sederhana misalnya aplikasi alarm, yang menampilkan atau menonjolkan 1 keunggulan saja.
  • Aplikasi native yang menggunakan beragam jenis konten termasuk tulisan, gambar, suara, video. Aplikasi ini memiliki harga yang lebih mahal karena memiliki arsitektur dan rancangan program yang lebih kompleks dan biasanya harus menghubungkan dengan database dan menggunakan frameworks tertentu.
  • Games. Ada permainan yang butuh program yang kompleks dan ada yang sederhana. Pembuatan games tidak hanya sekedar menuliskan rangkaian kode namun juga harus menambahkan grafis baik 2d atau 3d dan suara. Karena hal tersebut aplikasi games memiliki harga yang lebih mahal.

Perusahaan atau Kalangan Tertentu

Aplikasi yang dibuat untuk kalangan tertentu biasanya memiliki biaya pembuatan aplikasi android dan website yang lebih terjangkau dibandingkan untuk umum. Hal ini disebabkan karena fitur dan tujuan dari penggunaan aplikasi menjadi lebih mengerucut atau fokus di titik tertentu. Sehingga tim yang terlibat bisa lebih fokus dalam membuat aplikasi itu.

Besar kecilnya perusahaan atau kalangan yang menggunakan aplikasi juga akan mempengaruhi harga dari aplikasi tersebut. Misalnya aplikasi untuk enterprise atau perusahaan kecil memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan aplikasi yang dipergunakan untuk perusahaan besar.

Hal itu bisa disebabkan juga dengan kapasitas server yang dipergunakan. Sehingga semakin besar server yang dipergunakan maka akan membuat harga atau biaya pembuatan aplikasi baik untuk android ataupun untuk iOS menjadi lebih besar.

Menentukan Anggaran untuk Biaya Pembuatan Aplikasi Android

Dari keterangan diatas, bisa disimpulkan jika biaya pembuatan aplikasi android ataupun yang berbasis iOS bisa memiliki harga yang jauh dari perkiraan. Karena hal tersebut, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti budget dipergunakan secara berlebihan di aplikasi, perlu adanya pembuatan anggaran biaya sebelum proses pembuatan aplikasi dimulai.

Jika kita berbicara tentang anggaran biaya, termasuk anggaran untuk menghitung biaya pembuatan aplikasi android ini bertujuan untuk:

  • Mengetahui seberapa besar biaya yang harus Anda keluarkan, terlebih jika Anda juga harus mengeluarkan biaya untuk keperluan tertentu, oleh perusahaan untuk proyek tertentu sehingga dapat dijadikan acuan untuk pertimbangan apakah harus segera dilaksanakan atau tidak.
  • Barometer untuk melakukan perencanaan keuangan untuk proyek selanjutnya. Misalnya, untuk pembuatan aplikasi sendiri sudah menggunakan biaya 5 juta sedangkan di kas hanya tersisa 7 juta, maka untuk proyek selanjutnya tidak boleh lebih dari 7 juta agar perusahaan tetap memiliki kas untuk keperluan tertentu.
  • Alat ukur pencapaian target perusahaan. Dalam penghitungan anggaran tersebut, bisa dihitung berdasarkan biaya yang dipatok oleh tempat penyedia jasa untuk pembuatan aplikasi. Anda bisa membandingkan antara tempat yang satu dengan yang lainnya agar budget untuk pembuatan aplikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Sehingga sisa budget dapat dipergunakan untuk keperluan yang lainnya.

Biaya Pembuatan Aplikasi Android, iOS dan Website

Hal yang harus diingat adalah biaya akan semakin bertambah ketika Anda menginginkan untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan tidak hanya di android namun juga di iOS. Itu disebabkan karena kedua sistem operasi tersebut memiliki sistem yang berbeda bahkan iOS lebih rumit sehingga harganya akan semakin mahal.
Belum lagi jika harus terintegrasi dengan website, maka mau tidak mau Anda harus membayar lebih banyak lagi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda sebaiknya mencari tempat penyedia jasa untuk pembuatan aplikasi yang menawarkan paket aplikasi misalnya Appkey.

Artikel Terkait  Harga Membuat Aplikasi Android dan iOS

Sebagai salah satu tempat penyedia jasa untuk membuat aplikasi dan website, Appkey membantu Anda memberikan solusi untuk tidak hanya memperoleh aplikasi baik iOS atau android dengan website yang memiliki harga terjangkau. Harga paket yang ditawarkan oleh Appkey dapat membantu Anda untuk menghemat biaya anggaran hingga 10-30%.

Biaya yang diberikan oleh Appkey tersebut diperhitungkan dari hal ini:

Sistem Operasi yang Dipergunakan

Apakah nantinya aplikasi hanya akan dipergunakan di device berbasis android atau iOS. Aplikasi untuk iOS lebih mahal dibandingkan dengan aplikasi untuk Android karena adanya biaya tambahan misalnya untuk penyesuaian versi OS yang ada, biaya pengembangan dan sedikitnya orang yang paham dan ahli untuk membuat aplikasi berbasis iOS.

Biaya Perencanaan, Dokumentasi dan Design

Butuh perancangan yang matang agar nantinya dapat menjadi kerangka untuk pembuatan aplikasi. Sehingga jika perencanaan kurang bagus, hasil akhir software juga menjadi kurang bagus.

Hal tersebut juga berlaku untuk design apalagi jika harus menyesuaikannya dengan identitas klien atau perusahaan sehingga tampilan dari aplikasi tersebut akan semakin menarik. Perlu adanya dasar yang mendalam yang menjelaskan mengapa menggunakan desain tersebut untuk menghindari perdebatan antara engineer dengan designer.

Biaya Operasional

Dalam proses pembuatan ataupun setelah projek rilis yang dilakukan oleh Appkey, maka yang harus dilakukan Appkey adalah memantau apakah website atau aplikasi tersebut sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan. Bisa saja ditemukan bug yang akan mengganggu kinerja dari aplikasi tersebut sehingga mau tidak mau programmer harus memperbaiki.

Karena ada banyak hal yang mungkin saja terjadi setelah program atau aplikasi rilis, maka sebaiknya Anda menyiapkan anggaran untuk pemeliharaan aplikasi. Sehingga jika ditemukan bug atau bahkan ada eror, Anda memiliki anggaran atau dana khusus dan tidak mengganggu jumlah budget untuk kebutuhan yang lainnya atau tidak mengalami over budget.

Anda bisa memilih jenis paket untuk pembuatan aplikasi plus website ataupun hanya layanan untuk membuat aplikasi baik ios ataupun yang berbasis android. Selain mendapatkan harga yang terjangkau, Anda juga bisa menambah layanan untuk pengunggahan aplikasi ke app store sehingga Anda bisa fokus untuk mengurus bisnis atau perusahaan.

Artikel Terkait  Pembuatan Aplikasi Android Dengan Mudah Secara Offline

Jadi, jika Anda mencari biaya pembuatan aplikasi android maupun iOS dan ditambah dengan website, Anda bisa langsung menghubungi Appkey. Ada pilihan paket yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Namun, yang harus diingat adalah biaya tersebut bisa berubah tergantung spesifikasi yang diinginkan. Untuk informasi lebih lanjutnya, bisa segera menghubungi Appkey ya.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami Kontak Kami
Pengenalan Perusahaan Pengenalan Layanan
Tags: