APPKEY | Buat Aplikasi Android Sendiri Dengan Mudah dan Cepat
Buat Aplikasi Android pertama Anda dengan mudah dengan mengikuti panduan berikut ini. Belajarlah dengan sungguh-sungguh walaupun awalnya mungkin akan terasa sulit.
18340
post-template-default,single,single-post,postid-18340,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Buat Aplikasi Android Sendiri Dengan Mudah dan Cepat

Saat ini Anda bisa dengan mudah dan cepat buat aplikasi Android sendiri, karena sudah semakin banyak tools dan program yang bisa digunakan untuk membantu proses pembuatan dan pengembangan aplikasi Android. Setidaknya ada 2 tools yang cukup sering digunakan untuk membuat aplikasi Android, yaitu Android Studio dan Eclipse.

Selain 2 tools tersebut juga ada beberapa situs online yang bisa digunakan untuk membantu Anda buat aplikasi Android sendiri, bahkan ada beberapa situs online yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi sendiri pada perangkat Android Anda tanpa perlu proses pencodingan. Nah, lalu seperti apa cara membuat aplikasi Android sendiri itu bisa dilakukan.

Berikut ini akan dijelaskan masing-masing cara mudah dan cepat buat aplikasi Android sendiri, apakah itu dengan menggunakan Android Studio, Eclipse atau bahkan dengan menggunakan salah satu dari beberapa situs online yang membuat Anda bisa menghasilkan aplikasi Android tanpa perlu proses coding.

Jadi, pada dasarnya, bukan tidak mungkin jika Anda ingin membuat aplikasi Android sendiri, sebab meskipun awalnya terkesan rumit namun jika Anda serius untuk mempelajarinya, maka proses pembuatan aplikasi Android itu sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Tidak perlu berpanjang lebar lagi, langsung simak saja ulasan panduan buat aplikasi Android sendiri berikut ini.

Cara Buat Aplikasi Android Secara Umum

Sebelum lebih detail membahas langkah-langkah proses pembuatan aplikasi Android, ada baiknya Anda perlu mengetahui cara buat aplikasi Android secara umum, mulai dari menciptakan konsep awal dari aplikasi yang akan Anda buat hingga proses merilis aplikasi, seperti yang secara lengkap akan diulas di bawah ini:

Awali dengan mulai memikirkan konsep aplikasi

Jika ingin membuat sebuah aplikasi, tentunya langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memikirkan konsep dari aplikasi yang akan Anda buat tersebut. Pikirkan apa yang menjadi tujuan dibuatnya aplikasi tersebut dan pikirkan juga apa kontribusi dari aplikasi yang akan Anda buat itu untuk masyarakat.

Konsep aplikasi harus dipikirkan secara matang terlebih dahulu termasuk bagaimana cara memasarkan aplikasi tersebut nantinya. Untuk membantu Anda dalam mengkonsep sebuah aplikasi, ada baiknya pula jika ide yang ada di pikiran Anda itu perlu digambarkan agar dapat menghasilkan sebuah konsep yang jelas dan solid, sebelum dilakukannya pengerjaan aplikasi.

Lakukan riset

Selain menuangkan ide dalam sebuah konsep yang jelas, Anda juga perlu melakukan riset. Dalam hal ini, riset berfungsi untuk membuktikan bahwa ide yang Anda miliki itu memang dapat dijadikan sebagai pondasi dari aplikasi yang akan Anda buat.

Artikel Terkait  Buat Aplikasi Android Dengan Mudah | Untuk Pemula

Dalam proses riset ini, sebaiknya Anda juga lebih jeli dalam memperhatikan penilaian masyarakat terhadap aplikasi yang mirip dengan aplikasi yang akan Anda buat. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survey dan beragam hal lainnya yang membuat Anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi terkait dengan aplikasi yang akan Anda buat itu.

Buatlah cetak biru aplikasi

Pada tahapan cara buat aplikasi ini Anda perlu untuk menuangkan segala konsep yang ada di pikiran Anda ke dalam desain. Proses ini sangat berguna agar Anda bisa mendapatkan gambaran lebih jelas terkait dengan aplikasi yang akan Anda buat itu.

Lakukan eksekusi cetak biru dan mulai membuat back end

Pada dasarnya, setelah Anda menuangkan konsep ke dalam desain cetak biru dari aplikasi yang akan Anda buat tersebut maka Anda perlu membuat back end yang merupakan tempat Anda untuk menyimpan beragam data yang diperlukan oleh aplikasi tersebut. Anda dapat memanfaatkan beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda lebih mudah dalam membuat back end.

Lakukan uji coba prototype

Jika Anda sudah membuat back end, maka itu artinya Anda sudah menyelesaikan tahapan pembuatan aplikasi. Namun, sebenarnya langkah tersebut bukan langkah terakhir dalam proses pembuatan aplikasi, sebab belum tentu aplikasi yang Anda buat itu bisa dijalankan dengan lancar. Nah, oleh sebab itu perlu dilakukan uji coba.

Cara uji coba juga cukup mudah, Anda hanya perlu menawarkan aplikasi yang telah Anda buat itu ke teman atau keluarga Anda. Minta orang tersebut untuk menggunakannya dan tanya apa pendapat mereka tentang aplikasi yang baru saja mereka coba itu. Pada tahapan ini Anda akan bisa mengetahui permasalahan apa saja yang perlu diperbaiki.

Mulai mendesain tampilan aplikasi

Setelah melewati proses uji coba dan revisi, kini Anda perlu mendesain tampilan dari aplikasi yang Anda buat tersebut. Pastikan bahwa tampilan user interface (antar muka) nya terlihat menarik sehingga banyak orang yang semakin tertarik menggunakan aplikasi yang Anda buat itu.

Lakukan uji coba terhadap konektivitas back end dan user interface

Meskipun sama-sama merupakan uji coba, namun tujuan dari dilakukannya proses uji coba aplikasi ini berbeda yaitu agar Anda bisa melihat terjadinya konektivitas yang terjalin baik antara bagian back end dengan bagian user interface aplikasi Anda.

Artikel Terkait  Buat Aplikasi di Android Dengan Mudah

Selain itu, Anda juga perlu melakukan pengetesan terhadap baterai agar Anda tahu apakah aplikasi yang Anda buat itu menghabiskan banyak daya atau tidak, jika perlu lakukan pula revisi jika hasilnya tidak sesuai dengan keinginan dan perkiraan Anda.

Lakukan proses beta testing

Pada tahapan ini sudah seharusnya Anda merasa puas dengan aplikasi yang Anda buat tersebut. Namun, kepuasan tersebut hanya berasal dari Anda, bukan dari orang yang menggunakan aplikasi tersebut. Oleh sebab itu perlu dilakukan proses beta testing. Proses ini membuat Anda dapat mengetahui apakah aplikasi yang Anda buat diterima atau tidak diterima oleh masyarakat.

Merilis aplikasi

Setelah semua tahapan sudah Anda lewati dengan benar, maka proses selanjutnya adalah perilisan aplikasi. Meskipun demikian, Anda tetap harus memikirkan peningkatan seperti apalagi yang bisa disematkan dalam aplikasi yang Anda buat tersebut.

Panduan Buat Aplikasi Android dengan Menggunakan Android Studio

Langkah pertama yang perlu dilakukan jika ingin membuat aplikasi Android menggunakan tools Android Studio tentunya perlu terlebih dahulu mendownload IDE Android Studio di link ini http://developer.android.com/sdk/index.html . Setelah program tersebut sudah Anda install, baru Anda bisa mengikuti petunjuknya.

  • Buka IDE Android Studio
  • Lalu pilih New Project dan lanjutkan dengan memberi nama aplikasi, contohnya seperti beri nama New Project tersebut dengan “Hello World”
  • Kemudian, Anda juga bisa mencantumkan nama perusahaan, umumnya, nama perusahaan biasanya akan disusun seperti format ini “example.name.here.com”.
  • Lalu Anda perlu memperhatikan letak dari file project, setelah itu klik “Next“.
  • Pada tahapan berikutnya, pastikan bahwa “Phone and tablet” merupakan satu-satunya kotak yang telah Anda centang. Selain itu, jika misalnya Anda berencana menguji aplikasi di smartphone Android Anda, pastikan bahwa SDK minimum di bawah tingkat dari sistem operasi smartphone Anda tersebut. Lanjutkan dengan klik “Next”
  • Kemudian “Empty Activity” dan lanjutkan lagi dengan mengklik “Next”
  • Selanjutnya untuk nama activity dan lainnya tidak perlu diubah, biarkan saja secara default dan lanjutkan dengan mengklik “Finish”
  • Setelah itu, Anda perlu mengedit “Hello World” yang sebelumnya Anda tulis dengan mengarahkan ke tab activity_main.xml jika belum terbuka.
  • Perlu Anda perhatikan bahwa Anda perlu memastikan bahwa tab Desain terbuka pada tampilan activity_main.xml.
  • Selanjutnya, klik textview ” Hello world “
  • Pada bagian properties yang letaknya pada pada samping kanan, lakukan pengeditan teks “Hello World” dengan menambahkan teks “Selamat datang di aplikasi saya!”
  • Selanjutnya kembali arahkan ke tab activity_main.xml dan kemudian pastikan pula bahwa teks yang ada di tengah halaman sekarang menjadi “Hello World ! Selamat datang di aplikasi saya!”
  • Setelah tahapan tersebut, Anda perlu mengarahkan ke tab Desain dari tampilan activity_main.xml
  • Lihat pada menu Palette yang ada di sebelah kiri layar smartphone dan cari Button (tombol) yang letaknya ada di bawah judul Widgets
  • Lanjutkan dengan mengklik dan menyeret Button tersebut untuk diletakkan dibawah teks Hello World yang telah Anda buat tadi. Pastikan bahwa Button (tombol) tersebut masih dalam keadaan terpilih
  • Lalu, pada menu Properties yang terletak di sebelah kanan jendela, gulirlah ke bawah hingga Anda menemukan bidang untuk “teks”
  • Ubah teks dari yang sebelumnya “Button” menjadi “Halaman Berikutnya”
  • Kemudian scroll lagi ke bawah pada bagian Properties dan carilah kolom isian on click dan isilah dengan “pindah”
  • Lanjutkan lagi dengan proses pembuatan Activity Baru
  • Pada bagian atas sistem file project dengan mengklik kanan pada “app”
  • Selanjutnya, pilih New > Activity > dan pilih Empty Activity lalu ubah nama aktivitas tersebut menjadi “Second Activity” dan lanjutkan dengan mengklik “Finish”. Selain itu, pastikan pula Anda telah berada di tampilan Desain activity_second.xml
  • Selanjutnya, Anda perlu menyeret komponen textview yang ada pada Pallette ke bagian tengah layout
  • Lanjutkan dengan mengklik komponen textview yang ingin Anda pilih dan carilah kolom “id” di bagian menu Properties di bagian sebelah kanan dan set ke “text 2”
  • Ubah text view tersebut dengan tulisan “Selamat Datang di Halaman 2”
  • Kemudian lanjutkan dengan proses pembuatan Method on Click dengan cara memilih tab Main Activity.java
  • Lalu, lanjutkan dengan menambahkan kode-kode Java berikut ini:

import android.content.Intent;
import android.support.v7.app.AppCompatActivity;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
public class MainActivity extends AppCompatActivity {
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);
}
public void pindah(View view) {
Intent intent = new Intent(MainActivity.this, SecondActivity.class);
startActivity(intent)
}
}

Dengan menambahkan fungsi tombol on Click adalah untuk menuju ke halaman berikutnya ketika pengguna aplikasi menekan tombol tersebut.

  • Selanjutnya, lakukan test dan run aplikasi dengan cara mengklik icon run app (play warna hijau)
  • Lalu, pilih emulator, jika belum Anda bisa membuat emulator bawaan Android Studio

Panduan Buat Aplikasi Android Tanpa Coding

Cara Membuat Aplikasi Android dengan Menggunakan AppGeyser

Proses coding biasanya adalah proses paling rumit dalam pembuatan aplikasi, namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya Anda juga bisa buat aplikasi tanpa coding dengan menggunakan AppGeyser. Hanya saja, jika Anda ingin membuat aplikasi menggunakan AppGeyser maka sebelumnya Anda perlu memiliki situs atau blog pribadi.

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan cara buka halaman AppGeyser https://www.appsgeyser.com/ lalu klik tombol Create New for Free.
  • Selanjutnya pada menu Create New for Free tersebut Anda bisa melihat beberapa pilihan aplikasi yang bisa Anda buat, misalnya seperti Aplikasi Website, Aplikasi Chat, Aplikasi Browser, Aplikasi Teks Quest, Aplikasi Radio, Aplikasi Sketsa Gambar dan lain sebagainya
  • Kemudian Anda akan melihat tampilan halaman yang membuat Anda perlu memasukkan sebuah URL, disitulah Anda wajib memasukkan link atau tautan dari website atau blog yang Anda miliki
  • Lalu, lanjutkan dengan mengklik “Go” Selanjutnya, AppGeyser akan mulai proses pengambilan konten yang ada dalam situs atau blog yang tautannya telah Anda masukkan itu
  • Lanjutkan dengan proses scroll ke bawah agar Anda bisa memilih warna tema untuk aplikasi yang akan Anda buat tersebut
  • Kemudian lanjutkan dengan klik “Next”
  • Lalu, masukkan nama aplikasi yang Anda inginkan kemudian klik “Next”
  • Setelah itu, masukkan pula deskripsi aplikasi dan setelah itu klik lagi “Next”
  • Selanjutnya lakukan proses pembuatan ikon untuk aplikasi Android yang sedang Anda buat tersebut
  • Kemudian klik Create dan setelah itu Anda perlu melakukan login dan salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memilih Sign in with Facebook.
  • Sebagai langkah terakhir Anda juga perlu melakukan proses pendaftaran, caranya masukkan email dan password, setelah menunggu beberapa menit, lalu Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari AppGeyser.

Cara Membuat Aplikasi Android dengan Menggunakan AppyPie

Membuat aplikasi Android dengan menggunakan AppyPie terbilang sangat mudah, bahkan Anda bisa membuat aplikasi hanya dengan bantuan smartphone dan koneksi internet yang lancar.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memiliki kategori aplikasi yang tersedia di situs online tersebut. Ada beraneka ragam pilihan aplikasi, mulai dari fotografi, bisnis, edukasi dan lain sebagainya.
  • Lalu, Anda perlu menyesuaikan kategori aplikasi yang akan Anda buat tersebut dengan kategori yang telah disediakan oleh AppyPie.com. Caranya hanya dengan drag and drop, cara mudah seperti itu tentunya akan sangat mempermudah proses pembuatan aplikasi.
  • Kemudian, setelah itu Anda perlu memilih tema untuk tampilan aplikasinya dan selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang tersedia dalam situs tersebut dan mulai mempublishnya.

Cara Membuat Aplikasi Android dengan Menggunakan AppYet

Situs AppYet adalah situs yang memang dikenal sebagai tempat yang memudahkan orang awam dalam dunia IT agar dapat membuat aplikasi sendiri. Situs AppYet ini sangat banyak dalam mendukung beragam aplikasi mulai dari RSS, HTML5, Podcast, Twitter , Youtube dan lain-lain. Untuk membuat aplikasi menggunakan AppYet Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah ini:

  • Langkah pertama adalah dengan memberi nama aplikasi dan juga nama package untuk aplikasi Android.
  • Selanjutnya, Anda perlu menambahkan modules yang juga telah tersedia dalam situs tersebut . Pada dasarnya, modules ini memiliki keterkaitan erat dengan aplikasi yang akan buat.

Itulah beberapa cara mudah dan cepat buat aplikasi Android yang bisa Anda lakukan sendiri. Namun, jika Anda merasa bahwa tiga cara diatas itu masih terlalu rumit, padahal Anda sedang membutuhkan aplikasi misalnya untuk menunjang kelancaran bisnis Anda. Maka, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan aplikasi profesional, contohnya seperti Appkey.

Artikel Terkait  Jasa Aplikasi Android Terpercaya dan Terbaik

Appkey merupakan sebuah jasa pembuatan aplikasi yang memiliki tim solid dengan kinerja profesional serta menawarkan jasa untuk buat aplikasi dengan harga terjangkau. Biaya pembuatan aplikasi tersebut bahkan sudah termasuk beragam fitur menarik misal seperti sistem back end, layanan maintenance dan lain sebagainya yang akan semakin memudahkan aplikasi untuk dioperasikan.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami Kontak Kami
Pengenalan Perusahaan Pengenalan Layanan
Tags: