Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Harga Bikin Website Berdasarkan Jenis dan Fiturnya
Harga bikin website kami sesuaikan dengan spesifikasi dan konsep website yang akan dibuat. Appkey menawarkan jasa pembuatan website murah dengan estimasi pengerjaan yang cepat.
18463
post-template-default,single,single-post,postid-18463,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Harga Bikin Website Berdasarkan Jenis dan Fiturnya

Di era digital ini, akses informasi menjadi lebih mudah didapatkan. Apalagi banyak tersedia fasilitas publik yang menyediakan Wifi secara gratis. Maka tidak heran jika platform sosial media atau website semakin marak dikembangkan.

Memiliki website atau blog sendiri bisa menjadi sarana untuk berbagi informasi berbagai hal. Website juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan bisnis Anda. Dengan melakukan promosi lewat website, produk Anda lebih mudah ditemui saat pencarian di google atau search engine lainnya.

Untuk menyajikan tampilan website yang menarik, Anda bisa memilih jasa pembuat website atau web developer. Harga bikin website bisa bermacam-macam, tergantung dari jenis dan fitur yang ada dalam website tersebut. Jenis-jenis website contohnya adalah website edukasi, commercial, blog dan lain sebagainya. Namun apakah sebenarnya website itu sendiri?

Website merupakan kumpulan halaman yang memuat konten seperti informasi, audio, video dan lainnya. Website diakses melalui IP server dengan menggunakan URL atau uniform resource locator, sehingga alamat website bisa diakses oleh siapapun.

Harga Bikin Website Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Apabila Anda berniat untuk memiliki situs website, maka Anda harus menemukan hosting yang tepat agar website pencari informasi dapat menemukan situs website Anda dengan mudah.

Website memiliki banyak fungsi dan manfaat. Khususnya bagi Anda yang ingin melakukan bisnis dengan jangkauan pasar yang besar. Pasalnya, melalui website orang akan menemukan bisnis Anda dengan mudah.

Sehingga membuat website juga menjadi salah satu bagian penting untuk digital marketing Anda. Namun apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat situs website dan apa saja jenis serta fitur yang dapat dipilih? Berikut ini adalah ulasannya.

Sebelum menggunakan jasa pembuat website, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis website yang ada dan memilih berdasarkan website yang akan Anda buat. Pasalnya, website untuk keperluan blog dan company profile tentu berbeda. apalagi jika Anda membuat website sebagai media promosi produk Anda.

Artikel Terkait  Harga Aplikasi Android dan iOS | Jasa Pembuatan Aplikasi

Membuat website untuk kepentingan penjualan tentu harus dilengkapi dengan fitur pencarian barang, pemilihan barang, keranjang, checkout hingga memilih metode pembayaran. Jika website semacam ini digunakan untuk keperluan blog tentu tidak tepat. Untuk itu Anda perlu mengetahui jenis-jenis website di bawah ini.

Website e-Commerce

Website jenis ini umumnya digunakan untuk keperluan komersial, yaitu jual beli barang atau jasa. Website ini cocok untuk Anda yang melakukan bisnis jual beli secara online. Dengan website e-commerce jual beli dapat dilakukan dengan mudah melalui internet.

Website ini memiliki berbagai fitur layaknya sebuah toko pada umumnya, seperti menampilkan produk, keterangan stok barang, pemesanan, pengecekan barang, hingga memilih metode pembayaran.

Dengan menggunakan website e-commerce untuk bisnis yang sedang dijalani, Anda dapat melakukan pemasaran lebih luas. Karena pada umumnya, akses internet lebih luas dan mudah.

Sehingga dapat mengembangkan produk dari bisnis Anda. contoh website e-commerce adalah amazon.com, shopee, lazada, bukalapak, tokopedia dan lain sebagainya.

Website Government

Website ini digunakan untuk lembaga pemerintahan resmi. Melalui situs website government pemerintah memberikan informasi mengenai peraturan pemerintahan, kegiatan yang sudah, sedang dan akan dilakukan dan berbagai agenda lainnya.
Website government digunakan baik pemerintahan nasional maupun lokal. Sebagai contoh website government adalah Jakarta.go.id fan kemenkeu.go.id.

Website Informasi dan Berita

Sebagaimana namanya, website ini memuat banyak informasi. Mulai dari tips and trick hingga beragam opini. Tidak sedikit website yang menyediakan rubrik untuk pembaca mengirimkan tulisannya dan posting dalam website tersebut.

Sebagai sarana untuk mendapatkan informasi, website portal berita dan informasi ini juga menjadi salah satu penampung aspirasi karena menyediakan platform untuk pembaca mengirimkan karyanya seperti essay, puisi, cerpen dan lain sebagainya.

Situs ini dibuat khusus layaknya sebuah majalah atau Koran. Biasanya terdapat beberapa pilihan halaman website sesuai dengan topik utama pembahasan. Masing-masing situs berita dan informasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Contoh dari situs web berita dan informasi adalah liputan6, detik, kompas, iNews, tempo dan lain sebagainya.

Website Company Profile

Website ini dibuat khusus sebagai profile sebuah perusahaan dan bersifat statis. Dalam situs web ini perusahaan mengenalkan nama perusahaan, visi dan misi, produk atau jasa yang disediakan dan kontak perusahaan tersebut.

Karena sifatnya yang statis, website jenis ini lebih memperhatikan tampilan website yang menarik dan menawan. Namun, informasi mengenai profil perusahaan yang ditampilkan tetap diperhatikan dan sampai pada pengunjung website.

Website Archive

Website jenis ini berfungsi untuk menyimpan berbagai konten elektronik berupa halaman website, audio atau video. Karena tidak menutup kemungkinan jika situs web sewaktu-waktu diserang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan website archive, meskipun website yang telah dibuat disadap oleh orang lain maka website tersebut dapat dipulihkan. Contoh website archive adalah Google Groups yang pada tahun 2005 telah mengarsipkan lebih dari 845 juta postingan grup diskusi online dan Internet Archive telah menyimpan bermilyar halaman website sejak tahun 1996.

Blog

Blog merupakan website yang digunakan untuk mencurahkan ide dan gagasan pemilik blog. Website jenis ini digunakan sebagai media ekspresi dan berbagi. Banyak konten yang bisa dibagikan, mulai dari tulisan, gambar, audio dan video.

Saat ini banyak platform yang menyediakan blog secara gratis misalnya, blogger, wordpress, tumblr dan sebagainya. Anda dapat memanfaatkan platform blog gratis tersebut untuk mulai menjadi blogger. Banyak blogger profesional yang mendapatkan bayaran untuk menulis topik tertentu.

Itulah beberapa jenis website berdasarkan fungsinya. Anda dapat memanfaatkan website untuk mengembangkan bisnis, edukasi, berbagi ide hingga blog pribadi.
Meskipun banyak platform yang menyediakan blog secara gratis namun membuat blog atau website secara profesional tentu memiliki perbedaan dari segi fitur dan tampilan. Harga bikin website juga beragam, tergantung dari segi fitur, desain dan kerumitan website yang akan Anda buat.

Fitur-fitur yang Wajib Ada Dalam Website

Fitur dalam website memang beragam, Anda dapat meminta web developer untuk menyisipkan fitur yang Anda inginkan. Namun, setidaknya terdapat beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah situs web. Apa saja fitur wajib ada tersebut? Simak pembahasannya berikut ini.

Informasi Kontak yang Bisa Dihubungi

Fitur yang wajib ada dalam sebuah website adalah informasi kontak. Ya, jika Anda menggunakan website sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan jasa maka fitur ini adalah wajib.

Pasalnya, dengan menyisipkan fitur informasi kontak, akan mempermudah pengunjung untuk menghubungi produsen atau penyedia jasa apabila tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Namun, tidak hanya website komersial saja, website lain seperti website pemerintahan, edukasi, profil perusahaan hingga blog memerlukan fitur ini. dengan fitur informasi kontak Anda bisa mencantumkan nomor telepon dan email, sehingga apabila ada pertanyaan mengenai produk, jasa, agenda, tawaran bisnis, sponsorship dapat menghubungi kontak yang tertera.

Informasi Tentang Pemilik/Pengelola Website

Fitur ini tidak kalah penting dengan fitur sebelumnya, pasalnya memberikan tawaran produk dan jasa juga harus dilengkapi dengan informasi pemilik atau pengelola website tersebut. Fitur ini biasanya memuat profil pemilik website baik berupa perusahaan atau perorangan.

Artikel Terkait  Programmer Aplikasi Android Terbaik

Selain itu, dilengkapi dengan alamat dan keterangan lainnya. jika website tersebut merupakan situs pemerintah maka, dalam informasi tentang kami yang memuat alamat akan memudahkan seseorang yang mencari alamat lembaga pemerintahan tersebut.
Fitur ini memberikan kejelasan tentang siapa yang mengembangkan website tersebut. Sehingga produk atau jasa yang ditawarkan lebih terpercaya.

Graphic dan Tampilan

Tampilan desain yang menawan tentu akan menambah daya tarik pengunjung. Apalagi jika dilengkapi dengan gambar yang menunjang seperti foto produk dan testimoni. Namun, foto yang dipajang harus memiliki kualitas yang baik. Karena siapa yang ingin membeli produk dengan visual buram atau blur?

Selain gambar, desain website juga perlu diperhatikan. Anda mungkin pernah mengunjungi situs website yang memiliki desain yang menarik. Desain ini bisa dipilih melalui template yang sudah disediakan. Pengembang website juga bisa membuat template sendiri. Sehingga tampilan website menjadi tidak monoton.

Pilihan Font

Font atau jenis huruf merupakan salah satu fitur yang wajib ada pada sebuah website. Situs yang memiliki font sulit dibaca tentu akan menyulitkan pengunjung untuk mendapatkan informasi. Pesan yang disampaikan menjadi tidak dapat ditangkap dengan baik. Maka Anda bisa memilih font yang mudah dibaca namun tetap menarik.

Selain itu, font yang dipilih juga mencerminkan identitas pemilik atau pengelola website itu sendiri. Selain pemilihan font, warna font juga harus dipilih dengan sesuai. Pada umumnya warna font yang digunakan adalah hitam dengan latar belakang putih. Hindari menggunakan latar belakang yang terlalu banyak warna, sehingga pesan atau informasi tidak bisa dibaca dengan baik.

Fitur Call to Action

Fitur ini merupakan ajakan bagi pengunjung untuk memberikan bekas pada website seperti komentar dan like. Website yang dibuat tentu tidak hanya dibuat untuk menarik pengunjung, namun lebih baik jika dapat membuat pengunjung dapat berinteraksi dengan website tersebut.

Anda memberikan layanan konsultasi gratis agar tetap mem-follow up pengunjung website. Atau Anda dapat memberikan ajakan untuk menjawab tanya jawab atau survey yang dilakukan.

Link Social Media

Fitur selanjutnya adalah social media. Meskipun website memuat banyak informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan namun memberikan link sosial media juga penting dilakukan. Pasalnya melalui akun media sosial tersebut pengunjung website dapat dengan mudah melakukan interaksi seperti komentar atau DM (direct message).

Fitur Pencarian

Situs website banyak memuat informasi. Apalagi jika website tersebut adalah situs portal berita dan informasi. Akan tetapi, informasi yang dicari terkadang tidak muncul pada halaman depan atau home page. Biasanya website membuat beberapa halaman untuk membuat pencarian topik lebih mudah seperti laman teknologi, aplikasi, finansial, otomotif dan lain sebagainya.

Namun, tidak semua orang mau mencari topik yang diinginkan dari berbagai artikel yang ada. Maka dari itu, fitur pencarian harus ada pada sebuah website. Dengan fitur pencarian, pengunjung akan mudah mendapatkan informasi yang diinginkan. Selain itu, fitur ini juga membuat produk Anda mudah dicari. Misalnya, Anda menjual produk pada salah satu platform jual beli dengan tag yang telah ditentukan. Apabila ada seseorang yang mencari tag tersebut di kolom pencarian maka produk Anda akan ditampilkan.
Beberapa fitur di atas wajib ada pada sebuah website. Apabila Anda hendak membuat sebuah website maka pastikan fitur tersebut tidak tertinggal.

Cara Membuat Website

Setelah mengetahui jenis dan fitur pada sebuah website, maka selanjutnya adalah cara dan harga bikin website. Membuat website dapat dilakukan dengan mudah, namun jika Anda menggunakan jasa pembuat website tentu hasilnya akan berbeda dibanding dengan membuat website sendiri. Sebagai pengetahuan, berikut ini merupakan cara membuat website yang bisa dilakukan oleh pemula.

Menentukan Tujuan Website

Cara pertama ini masih berkaitan dengan jenis website pada pembahasan di atas. tujuan dari pembuatan website tersebut akan menentukan jenis website apa yang akan dibuat, seperti company profile, online shop, gallery, forum dan lain-lain.

Menemukan Nama Domain

Sebelum membuat website Anda harus membuat menemukan nama domain terlebih dahulu. Anda bisa menemukan nama domain terbaik dengan menggunakan cek domain. Melalui cek domain di fitur pencarian Anda akan menemukan nama-nama domain terbaik. Setelah memilih nama yang diinginkan maka selanjutnya adalah order dan menyelesaikan registrasi.

Menemukan nama domain mungkin terlihat mudah, namun Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti tidak menggunakan tanda penghubung atau angka jika tidak diperlukan dan nama domain yang singkat.

Web Hosting

Setelah menemukan nama domain maka selanjutnya adalah memilih web hosting. Anda harus memilih web hosting sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak pilihan hosting website seperti shared hosting, cloud hosting, VPS hosting dan lain sebagainya.

Memilih Platform

Memilih platform juga merupakan bagian terpenting dalam membuat website. Anda harus memahami tool yang digunakan dalam membuat website seperti sistem manajemen konten, script e-commerce apabila ingin membuat toko online, website builder dan self coded website.

Beberapa platform penyedia website tidak memerlukan keahlian dalam bahasa pemrograman, seperti blogspot dan WordPress serta bisa didapatkan secara gratis. Namun, untuk website yang digunakan sebagai media promosi sebaiknya Anda menggunakan jasa web developer agar website lebih menarik dan profesional.

Membuat Website

Setelah memilih platform maka selanjutnya adalah membuat website. Bagaimana cara membuat website? Cara membuat website dilakukan sesuai dengan platform yang Anda pilih. Jika Anda memilih blogspot atau WordPress, Anda tidak memerlukan keahlian dalam bahasa pemrograman. Namun, fitur yang didapatkan tentu terbatas.

Selain itu, tampilan pada website dengan platform blogspot atau wordpress juga cenderung sama pada setiap blognya. Meski blogspot memiliki beberapa pilihan template bagi blogger secara gratis. Anda hanya perlu mendaftarkan diri pada platform blogspot atau wordpress menggunakan alamat email Anda.

Harga Bikin Website Professional

Meskipun membuat website bisa dilakukan sendiri dengan memanfaatkan website gratis dari beberapa platform. Namun, fitur serta tools yang dihasilkan tentu berbeda dibanding dengan membangun website dengan jasa professional. Apalagi jika website tersebut digunakan sebagai sarana promosi atau company profile. Tentu Anda tidak menginginkan citra perusahaan atau bisnis menjadi berkurang karena tampilan website yang kurang profesional.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile Berkualitas

Maka dari itu Anda bisa menghubungi jasa pengembang website atau web developer terpercaya. Dengan web developer Anda bisa membuat website sesuai dengan keinginan sendiri dan mengikuti tujuan dari pembuatan website tersebut.

Selain itu, tampilan website juga lebih unik sehingga dapat diingat oleh pengunjung. Harga bikin website dengan jasa web developer tentu berbeda-beda, tergantung dari kemampuan dan jam terbang developer itu sendiri.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami Kontak Kami
Pengenalan Perusahaan Pengenalan Layanan
Tags: