APPKEY | Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah Untuk Pemula
Membuat aplikasi android akan terasa sulit jika Anda mengikuti panduan yang salah. Jika Anda tertarik mempelajari bahasa pemrograman android, ikuti langkah-langkah berikut ini.
18382
post-template-default,single,single-post,postid-18382,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah Untuk Pemula

Pengguna internet yang kini semakin banyak juga turut mengundang berbagai inovasi yang diciptakan oleh manusia dibidang teknologi. Jika dulu internet sangat terbatas penggunanya pun hanya bisa digunakan lewat PC atau komputer, maka Andy Rubin telah berhasil mengembangkan sistem operasi android sejak tahun 2003 silam. Mulai sejak itu banyak pengguna mobile atau yang kita sebut HP Android mulai mengembangkan konten yang bervariasi.

Namun tidak semua orang bisa menjadi pengisi konten android, hanya orang – orang yang hobi dan ahli dalam bidang programmer yang bisa melakukannya. Keberadaan android sudah seperti internet berjalan yang susah untuk ditinggalkan oleh masyarakat dewasa ini. Bahkan penggunanya pun kini sudah tak kenal umur, dari anak kecil hingga orang tua.

Nah, semakin banyaknya pengguna android tersebut memicu orang – orang yang ahli dan hobi dalam utak – atik piranti atau bahasa kerennya programmer, mereka berlomba – lomba membuat aplikasi android. Kesempatan ini banyak digunakan oleh orang – orang yang serius menjadikan Android Mobile Developer atau Pengembang aplikasi berbasis android ini sebagai profesi yang cukup menguntungkan.

Tentunya bukan hal yang mudah bagi kita yang masih pemula, apalagi tak mengerti bahasa pemrograman atau coding. Kuncinya adalah pada mental dan kemauan untuk terus rajin berlatih membuat aplikasi android, maka kita akan terbiasa dan suatu saat Anda pun akan berkata mudah untuk membuat aplikasi berbasis android. Lalu bagaimana ya caranya agar mudah untuk membuat aplikasi tersebut? Anda bisa simak ulasan berikut ini.

Tujuan Membuat Aplikasi Android

Sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu, kita harus terbiasa untuk menentukan tujuannya dahulu. Dalam hal ini, aplikasi apa yang akan Anda buat dan untuk apa fungsinya. Jika 2 pertanyaan itu belum terjawab, maka sia – sia sudah usaha kita karena orang lain pun tak membutuhkan aplikasi itu. Oleh karena itu, pilih lah aplikasi apa yang sekiranya banyak dibutuhkan dan bisa mempermudah aktivitas manusia.

Seperti yang kita lihat banyak contoh dari aplikasi karya anak bangsa yang sukses membawa perubahan pada kebiasaan masyarakat. Contohnya aplikasi marketplace bukalapak, tokopedia, shopee dan aplikasi transportasi gojek, grab, dll. Mereka orang – orang yang berada dibalik kesuksesan aplikasi – aplikasi tersebut bekerja dalam tim. Namun untuk pemula yang sedang belajar berikut ada langkah – langkah yang bisa memudahkan Anda untuk membuat aplikasi android sendiri.

Aplikasi yang Dibutuhkan Untuk Membuat Aplikasi Android

Setelah Anda menentukan akan membuat aplikasi android yang seperti apa, maka yang perlu Anda siapkan selanjutnya adalah alat untuk membuat aplikasi itu sendiri. Berikut beberapa langkah bagi Anda yang tertarik mempelajari bahasa pemrograman android.

Install Aplikasi JDK

Alat pertama yang perlu Anda siapkan adalah menginstall dan melakukan setting JDK (Java Development Kit). JDK ini merupakan software yang biasa dipakai untuk kompilasi dari bahasa pemrograman Java ke bahasa pemrograman bytecode.

Install Aplikasi Android Studio

Menurut IntelliJ IDEA, aplikasi Integrated Development Environment (IDE) ini yang digunakan untuk pembuatan aplikasi android. Fungsinya yang selain editor kode IntelliJ dan developer tools, Android Studio juga memberikan fitur lebih banyak lagi dalam proses pembuatan aplikasi android.

Artikel Terkait  Buat Aplikasi Android Sendiri Dengan Mudah dan Cepat

Disarankan untuk menggunakan Android Studio karena tools resmi yang didukung penuh oleh Google, yaitu perusahaan di balik OS android, untuk mengembangkan aplikasi android. Beberapa fitur dari Android Studio yang lengkap terdiri dari: code editor yang cerdas, instant run, emulator yang cukup cepat, dan banyak lagi fitur lainnya.

Membuat Interface dan Struktur Project

Jika ini adalah pengalaman pertama Anda dalam membuka IDE Android Studio, maka Anda perlu membuat aplikasi pertama dengan cara mengklik Start a new Android Studio Project. Berikut ini beberapa fitur Interface pada Android Studio:

  • Menu Bar
  • Tool Bar
  • Struktur Project
  • Pallete, drag and drop ke design android
  • Design Android
  • Component Tree
  • Properties
  • Status Bar, menampilkan proses dari Android Studio

Berikut struktur folder project yang muncul di Android Studio:

Manifests

AndroidManifests.xml : digunakan untuk melakukan beberapa pengaturan seperti nama aplikasi, icon aplikasi, theme style, user permission (jika membuat aplikasi yang membutuhkan akses internet).

Java

MainActivity.java : digunakan untuk memberikan perintah agar aplikasi melakukan sesuatu dengan bahasa pemrograman java.

Res Drawable

digunakan untuk memasukkan gambar pendukung aplikasi yang kita buat.

Res Layout

Activity_main.xml : digunakan untuk pengaturan layout untuk interface utama pada aplikasi android yang dibuat.

Mipmap

Mipmap : digunakan untuk memasukkan gambar berupa icon.

Values

colors.xml : berisi kode – kode untuk pengaturan warna pada status bar, teks, dan lainnya.
dimens.xml : digunakan untuk pengaturan margin aplikasi.
strings.xml : digunakan untuk pengaturan teks – teks aplikasi yang dibuat.
styles.xml : digunakan untuk memberikan nama warna setelah kode warna disetting pada colors.xml.

Membuat Linear Layout

Linear layout ini adalah kelompok tampilan yang membuat nantinya tampilan aplikasi terbentuk sejajar dalam satu arah, yaitu bentuk vertikal atau horizontal. Fungsi linear layout ini Anda dapat menentukan sendiri arah layout sesuai keinginan Anda.

Kesederhanaan linear layout memang memudahkan penggunaan tapi fleksibilitasnya menjadi terbatas. Aplikasi yang desainnya tidak terlalu kompleks, maka cocok menggunakan linearlayout ini.

Membuat Relative Layout

Relative layout ini merupakan salah satu tampilan group struktur code yang bisa mengatur komponen – komponen didalamnya secara relatif atau bebas. Layout ini tidak seperti linear layout yang hanya bisa vertikal dan horizontal, sehingga disebut sebagai layout yang paling fleksibel.

Penjelasan Dasar Membuat Aplikasi Android Sederhana

Membuat Splash Screen

Splash screen ini merupakan tampilan awal saat kita membuka aplikasi. Splash screen biasanya muncul sebelum menu utama. Dasar – dasar yang harus Anda pelajari saat membuat splash screen adalah membuat layout dengan code xml dan saat pengkodingan splash screen menggunakan bahasa pemrograman java. Contoh aplikasi yang memakai splash screen ini seperti facebook, twitter, skype, youtube, dll.

Mengenal User Interface Dashboard Menu

Tampilan menu utama yang bagus dan menarik akan membuat user tertarik berlama – lama menggunakan aplikasi yang Anda buat. Dasar – dasar yang perlu Anda pelajari adalah membuat layout menggunakan xml, menambahkan icon, menggunakan linear layout, grid view, dan lainnya.

Mengenal Web View dengan Progress Bar

Android web view adalah sistem dari google chrome yang bisa membuat aplikasi android dapat ditampilkan konten webnya. Web view ini digunakan jika Anda sudah memiliki web, maka Anda bisa membuat file apk untuk web Anda sehingga bisa diinstall pada HP android. Dasar – dasar yang perlu dipelajari adalah membuat layout menggunakan xml dan pengkodingan menggunakan java.

Mengenal Custom Font

Android sudah menyiapkan beberapa font bawaan yang dapat Anda pilih untuk aplikasi Anda. Namun jika Anda ingin memberikan sesuatu yang berbeda terhadap aplikasi Anda, maka Anda dapat menggunakan font custom.

Melakukan Uji Coba

Tujuan dilakukannya uji coba pada aplikasi android yang coba Anda buat adalah untuk mengetahui adanya bug atau tidak dalam aplikasi. Uji coba diperlukan setelah rancangan aplikasi android selesai, caranya dengan mengunduh berkas APK ke perangkat dan melakukan setting.

Perlu dilakukan uji coba berkali – kali untuk benar – benar memastikan aplikasi android tersebut sudah layak digunakan atau belum. Anda pun perlu memastikan bahwa aplikasi android Anda memiliki tanda yang akurat. Oleh karena itu, perlu Anda perhatikan juga koneksi internet saat Anda membuat aplikasi tersebut.

Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding dengan Mudah

Berikut ini adalah website atau situs – situs yang menyediakan jasa pembuatan aplikasi android. Cara ini lebih mudah untuk pemula karena tanpa skill coding dan tidak perlu mengetahui bahasa pemrograman maka sudah bisa membuat aplikasi dengan bantuan pihak ke 3.

Appery.io

Appery.io ini adalah situs website yang pertama kali memberikan fitur dalam mengembangkan aplikasi mobile enterprise dengan backend service yang terintegrasi secara baik dan banyak memiliki plugin API. Plugin API ini tidak lain digunakan untuk menyederhanakan integrasi dengan cloud service dan sistem enterprise. Situs Appery.io saat ini sudah dikenal di seluruh pengembang aplikasi mobile di dunia. Karena sudah lebih dari 30 situs yang membahas tentang Appery.io.

Website Appery.io menyediakan 5 paket yang bisa Anda pilih, yaitu Starter, Standard, Pro, Premium, dan Enterprise. Bagi pemula bisa memilih paket starter yang disediakan secara gratis untuk 1 aplikasi dengan maksimal 3 halaman android saja.

Artikel Terkait  Jasa Aplikasi Android + Website Terbaik dan Terpercaya

Appery.io berbentuk web base, sehingga Anda tak perlu untuk mengunduh aplikasi di komputer atau di HP, cukup browser saja. Di website ini juga tersedia editor visual untuk Anda bisa melakukan drag and drop plugin. Jika sudah selesai membuat aplikasi, maka Anda bisa mengexport file menjadi aplikasi android dan iOS.

AppMachine

Situs web base satu ini bisa dipakai untuk mendevelop aplikasi android dan aplikasi iOS dengan user interface professional. Fitur – fitur yang terdapat pada AppMachine sangat mudah dipakai dan dikombinasikan dengan bermacam building block yang memiliki banyak fitur, seperti informasi, video, foto, dll.

Namun untuk dapat menggunakan website ini Anda harus membayar cukup mahal dengan mendaftar di paket Plus seharga $49 atau bisa juga paket Basic seharga $19.

AppMakr

Sebuah platform dimana Anda dapat membuat aplikasi iPhone dengan kreasi dan kreatifitas Anda sendiri, tanpa perlu memiliki kemampuan coding bahasa pemrograman tertentu. Tentunya ini menjadi kelebihan dari AppMakr yang dapat digunakan oleh semua orang, bahkan bagi yang awam terhadap bahasa pemrograman. Anda hanya perlu menyiapkan konten aplikasi android Anda.

Appy Pie

Appy pie ini hampir sama dengan AppMakr yang tidak memerlukan skill pengkodingan. Anda pun tidak perlu mengunduh aplikasi, cukup dengan cara drag and drop di halaman website Appy Pie maka Anda sudah bisa membuat aplikasi yang diinginkan.

Appy Pie juga menyediakan fitur pembuatan game. Setelah jadi pun Aplikasi tidak hanya bisa dipakai di iOS atau Android saja, tetapi juga Blackberry, Windows, dan Kindle. Setelah selesai membuat aplikasi pun Anda cukup publish ke Play Store atau Apple App Store.

Appy Pie menyediakan 4 pilihan paket, diantaranya Free, Basic, Gold, dan Platinum. Namun untuk paket Free terbatas penggunaannya, Anda hanya bisa membuat aplikasi untuk HTML5 dan android yang fiturnya terbatas. Jika menginginkan fitur yang lengkap Anda bisa memilih paket Basic dengan harga $7/bulan, paket Gold $19/bulan, dan paket Platinum $33/bulan.

Good Barber

Good Barber ini merupakan sebuah platform Android Builder yang memiliki banyak pilihan tema untuk aplikasi Anda. Selain tema yang beragam, Anda juga akan ditawarkan fitur 600 Font Google yang bisa dipakai untuk mempercantik tampilan aplikasi.

Namun semua yang ditawarkan oleh Good Barber tidak diberikan secara free, Anda pun harus rela mengeluarkan cukup modal untuk bisa menggunakan situs ini. Untuk harga yang paling murah dari Good Barber adalah $32 per bulan dan yang paling mahal $200 per bulan.

AppsGeyser

Layanan website AppsGeyser bisa juga Anda manfaatkan untuk membuat sebuah aplikasi. Karena situs ini web base, maka Anda pun tidak perlu menginstall atau mengunduh aplikasinya, cukup dengan mengakses halaman web dari ikon aplikasi.

Cara menggunakan AppsGeyser adalah sebagai berikut: membuka halaman website AppsGeyser dan pilihlah tombol create now for free. Selanjutnya Anda akan melihat berbagai macam template aplikasi, pilih salah satu yang sesuai dengan keinginan Anda dan samakan pula dengan tujuan Anda membuat aplikasi.

Jika sudah memilih template, masukkan halaman website yang Anda miliki dan tekan Go untuk dapat mengubah konten yang ada. Lalu scroll ke bawah perlahan untuk mulai memilih warna dari tema aplikasi Anda, dan klik Next melanjutkan proses ke tahap selanjutnya.

Jika sudah, Anda perlu untuk mengetik nama aplikasi Anda dan tekan Next. Kemudian masukkan deskripsi dari aplikasi yang sedang Anda buat, lalu Next. Selanjutnya Anda bisa memilih icon untuk aplikasi Anda, atau Anda dapat membuat icon sendiri melalui photoshop. Lalu klik create untuk Anda mulai membuat aplikasi sendiri.

Anda membutuhkan login terlebih dahulu untuk dapat menggunakan website ini. Jika belum pernah mendaftar, maka Anda perlu sign in dulu. Setelah aplikasi jadi, Anda dapat mempublishnya melalui Google Play Store atau Anda bisa unduh secara langsung.

Dengan cara ini Anda pun tidak perlu kesusahan belajar coding dan menjadi programmer profesional. Karena kini telah banyak situs yang memudahkan kita untuk dapat membuat aplikasi android.

Appkey

Appkey adalah sebuah perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan website dan aplikasi. Appkey akan secara professional membantu Anda dalam hal pembuatan berbagai produk aplikasi android, pengembangan website untuk PC dan HP, dan sistem untuk bisnis.

Artikel Terkait  Jasa Buat Aplikasi Android Terpercaya di Indonesia

Kelebihan Appkey adalah penguasaan terhadap teknologi terbaru, kemampuan design untuk aplikasi dan website profesional, memiliki kinerja yang baik, jaminan kualitas, pengembangan sistem backend, dukungan multi bahasa, harga terjangkau, dan full support.

Untuk melihat layanan yang ditawarkan Appkey, Anda bisa melihatnya melalui Website ini, kami menawarkan banyak fitur, karena tidak hanya membuat aplikasi saja tetapi juga jasa untuk pembuatan website dan pengembangannya. Untuk jasa pembuatan aplikasi yang ditawarkan ada untuk mobile, aplikasi android, dan aplikasi iOS (untuk iPhone dan iPad).

Setiap jasa yang ditawarkan memiliki rincian harga masing – masing, Anda bisa langsung cek di websitenya Appkey.co.id untuk melihat penawaran lain yang juga tidak kalah lengkapnya. Appkey sangat membantu bagi para pemula yang ingin membuat aplikasi sendiri, dari tingkat yang sederhana hingga tingkat pengembangan aplikasi yang profesional.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami Kontak Kami
Pengenalan Perusahaan Pengenalan Layanan
Tags: