APPKEY | 7 Program Aplikasi Android Offline
Program aplikasi android berikut bisa Anda gunakan secara offline untuk membuat aplikasi. Tools ini dapat dipahami dengan mudah, berikut ini daftar program tersebut.
19178
post-template-default,single,single-post,postid-19178,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
android-offline1100

7 Program Aplikasi Android Offline

Program aplikasi Android saat ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Aplikasi yang terpasang di ponsel smartphone tersebut seakan dapat membantu untuk melaksanakan banyak fungsi dan hal itu tidak bisa dibantahkan karena fungsi smartphone yang semakin lama semakin vital.

Karena faktor tersebut, tidak sedikit yang akhirnya mencoba untuk membuat aplikasi android sendiri. Butuh waktu untuk membuatnya walaupun sudah menggunakan aplikasi baik yang offline ataupun online yang banyak dipergunakan dengan cara drag and drop.

Ada keunggulan dan kelemahan jika menggunakan program online tersebut untuk membuat aplikasi. Beberapa keunggulannya adalah:

  • Memudahkan pemula untuk dapat membuat aplikasi.
  • Mempunyai user experience dan user interface yang bervariasi sehingga Anda bisa memilih template sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Mudah untuk diakses karena Anda hanya perlu untuk masuk ke website yang menyediakan layanan pembuatan aplikasi android tersebut. Kemudian Anda bisa menggunakannya untuk membuat android yang Anda inginkan.

Namun, cara pembuatan aplikasi android ini memiliki kelemahan. Selain hanya bisa dipergunakan secara online, Anda juga hanya dapat membuat aplikasi tertentu karena jika tidak ingin terbatas, maka Anda harus memilih dan berlangganan paket pembuatan aplikasinya. Namun, Anda bisa mencoba untuk membuat aplikasi android dengan cara offline menggunakan program berikut.

7 Program Aplikasi Android Secara Offline


android-app027

Artikel Terkait  7 Aplikasi Pembuat Aplikasi Android Secara Offline

Program Aplikasi Android : Android Studio


Ketika membicarakan program aplikasi android yang bisa dipergunakan untuk membuat aplikasi, maka hal tersebut tidak bisa terlepas dari Android Studio. Hal ini tidak hanya disebabkan karena banyak orang seperti programmer yang menggunakan android studio untuk membuat aplikasi yang diinginkan namun juga karena programnya adalah program resmi dari Google.

Setelah Google tidak lagi melakukan support secara penuh dengan Eclipse, Google akhirnya mengembagkan dan merancang aplikasi android dengan menggunakan IDE Android Studio. Sejak dimulai akuisisi di tahun 2005, Android Studio semakin lama semakin popular dan banyak orang yang menggunakannya.

Apabila Anda hendak menggunakan dan memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat suatu program aplikasi maka Anda harus menyiapkan spesifikasi compute yang cukup tinggi. Setidaknya Anda harus menggunakan processor intel dual dengan RAM sebesar 4GB.

Di Android Studio sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang akan mendukung Anda untuk membuat aplikasi sesuai dengan yang Anda inginkan. Sehingga Anda bisa berkreasi menuliskan jajaran atau barisan kode yang akan membentuk suatu aplikasi.

Program Aplikasi Android: Eclipse


Selain android Studio, program aplikasi Android bisa dibuat dengan menggunakan Eclipse. Kode awal yang ada di Eclipse berasal dari IBM VisualAge. Dari pemrograman tersebut, pada dasarnya platform ini dipergunakan untuk membuat program dengan bahasa pemrograman java.

Namun seiring dengan perkembangannya, Integrated development environment ini mempunyai fungsi yang tidak hanya untuk mengembangkan aplikasi dengan bahasa pemrograman java namun juga dengan jenis pemrograman yang lainnya. Diantaranya adalah C dan C++.

Karena banyaknya variasi bahasa yang dipergunakan oleh Eclipse, maka ada beberapa jenis pengembangan yang membantu Anda untuk menuliskan kode dengan bahasa pemrograman tertentu. Beberapa diantaranya adalah:

  • Eclipse java JDT yang dalam penggunaannya menggunakan bahasa pemrograman Scala dan Java.
  • Eclipse CDT yang merupakan program eclipse yang mempergunakan bahasa pemrograman /C++ untuk menuliskan program aplikasi atau software.
  • Eclipse PDT yang memungkinkan Anda untuk menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk membuat suatu program software atau aplikasi.
  • Eclipse ADT yang merupakan lingkungan atau jenis eclipse yang memang khusus dipergunakan untuk membuat suatu aplikasi android.

Untuk memaksimalkan penggunaannya, maka diinstal plugin untuk eclipse platform. Tujuannya adalah tidak hanya untuk membantu menuliskan program sesuai dengan bahasa pemrograman yang Anda kuasai namun juga memungkinkan Anda untuk bisa membuat plugin sendiri.

Sifat dari Eclipse adalah open source sehingga memungkinkan Anda sebagai programmer dapat melihat kode pemrograman dari software ini. Karena hal tersebut, tidak sedikit yang hingga kini masih menggunakan Eclipse untuk membuat suatu aplikasi walaupun sudah ada Android Studio.

Apalagi sudah ada Eclipse ADT atau android development tools. Plugin ini disediakan oleh Google untuk IDE Eclipse yang berfungsi untuk menyediakan suatu ‘lingkungan’ agar para programmer dapat membangun atau membuat aplikasi berbasis Android dengan lebih mudah.

Dengan adanya ADT ini, akan memperluas jangkauan dari Eclipse yang memungkinkan Anda tidak hanya sebatas membuat aplikasinya atau kodenya saja namun juga untuk hal berikut ini:

  • Aplikasi UI yang dibuat sesuai dengan kerangka program yang Anda miliki.
  • Debug aplikasi mempergunakan ala SDK Android.
  • Export signed ataupun unsigned untuk file APK agar dapat mendistribusikan aplikasi yang sudah dibuat tersebut.


Program Aplikasi Android: Xamarin


Selain 2 platform yang sudah disebutkan di atas, Xamarin tidak bisa lepas dari platform yang dipergunakan untuk membuat program aplikasi android offline. Jenis software ini sangat cocok untuk Anda yang mahir atau menguasai bahasa pemrograman C#.

Artikel Terkait  Programming Apps : Aplikasi Terbaik Untuk membuat Aplikasi

Xamarin ini dikembangkan Xamarin Inc yang fungsinya adalah untuk membuat suatu aplikasi cross platform. Artinya adalah aplikasi yang bisa digunakan di platform yang berbeda yaitu android, iOS ataupun pada windows phone dengan menggunakan bahasa C#.

Karena hal tersebut, terdapat 2 IDE yang ada di Xamarin yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 2 IDE tersebut yaitu:

  • Xamarin Visual Studio

Jenis IDE dari Xamarin yang cocok untuk Anda yang menggunakan bahasa pemrograman C# yang berfungsi untuk membuat aplikasi dan terbiasa dengan menggunakan sistem operasi Windows dan Visual Studio.

  • Xamarin Studio

Jenis IDE dari Xamarin yang cocok untuk Anda yang menggunakan OS Mac.

Salah satu keunggulan dari Xamarin selain Anda bisa memilih jenis IDE sesuai dengan sistem operasi komputer adalah fleksibilitas dalam UI. Anda bisa bebas memilih antarmuka atau UI yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda pernah menggunakan XCode yang merupakan IDE khusus untuk aplikasi berbasis iOS maka tampilannya akan sesuai dengan IDE tersebut untuk penggunaan Xamarin Studio. Sedangkan jika Anda hendak menggunakannya untuk mengembangkan aplikasi android, maka Anda akan menemukan tampilan interface yang mirip dengan IDE Eclipse.

Secara keseluruhan, Xamarin memiliki keunggulan seperti berikut ini:

  • Mudah untuk dipergunakan.
  • Menggunakan bahasa native C#.
  • Adanya update API terbaru tidak hanya dari Google namun juga dari Apple sehingga Anda bisa menyesuaikan aplikasi yang Anda buat tersebut dengan update terbaru API tersebut.
  • Menyediakan pilihan dokumentas, support, guide dan tutorial yang bisa membantu Anda sebagai user untuk dapat mengembangkan aplikasi android sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Satu-satunya yang memungkinkan Anda untuk tidak hanya membuat aplikasi native iOS namun juga Android.

Jika tertarik, Anda bisa menggunakan versi gratisnya namun ada beberapa keterbatasan yang akan menghambat Anda saat Anda hendak membuat suatu aplikasi dengan menggunakan Xamarin. Anda perlu memilih fitur pro  dengan catatan membayarkan harga paket sesuai dengan ditentukan.

Program Aplikasi Android: Apache Cordova


Jika Anda tidak terlalu menguasai C# namun justru menguasai bahasa untuk pembuatan website seperti HTML, JavaScript ataupun CS, Anda bisa menggunakan apache Cordova. Platform untuk membuat aplikasi secara offline ini memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi tidak hanya untuk android namun juga iOS, Windows phone dan blackberry.

Ada beberapa keunggulan dari Apache Cordova diantaranya adalah:

  • Memudahkan pengembangan aplikasi dengan cara mengakses beberapa fungsi yang ada di ponsel. Misalnya dengan kamera, baterai, akselerometer, kompas, kontak, media ataupun yang lainnya yang sudah ada di ponsel.
  • Bahasa yang dipergunakan adalah bahasa native website.
  • Mempermudah adanya perubahan karena aplikasi ini menggunakan javascript yang mana memungkinkan suatu platform mobile dipergunakan di platform yang lainnya dengan sedikit perubahan.

Aplikasi yang sudah dibuat dengan Cordova akan dikemas dalam suatu aplikasi yang menggunakan SDK dari masing-masing sistem operasi yang dipergunakan. Apalagi aplikasi tersebut dapat diterapkan di platform yang lainnya dengan menggunakan SDK platform yang sesuai.

Program Aplikasi Android: Netbeans


Software yang berfungsi sebagai pembuat aplikasi android dan jenis aplikasi lainnya ini dirilis oleh perusahaan Oracle. Untuk menggunakan software ini maka Anda harus menggunakan bahasa pemrograman Java, Php, C++ ataupun jenis bahasa pemrograman yang lainnya.

Sama seperti Eclipse, software ini memiliki sifat open source. Sehingga sebagai programmer, Anda akan lebih mudah untuk mengubah ataupun melihat kode aplikasi agar aplikasi yang dihasilkan tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Sayangnya, untuk menggunakan jenis aplikasi ini, maka Anda harus menginstal terlebih dahulu JDK dan JRE. Jika tidak, maka Anda tidak akan bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik. Karena hal tersebutlah, cek apakah penginstalan sudah dilakukan dengan baik atau belum.

Program Aplikasi Android: React Native


React native termasuk sebagai salah satu framework JavaScript untuk mengembangkan suatu aplikasi mobile. Sehingga dengan adanya react native ini memungkinkan Anda untuk bisa merasakan sensasi jika aplikasi yang Anda miliki tersebut akan mendekati asli dan tidak bisa dibedakan dengan jenis aplikasi native.

Hal tersebut disebabkan karena library pada React Native memiliki native yang memungkinkan Anda untuk mengintegrasikannya dengan aplikasi native yang sebenarnya. Hal mencolok yang terlihat jika Anda membandingkan react native adalah dari tampilannya atau dari UI dan UX.

Jika Anda menggunakan react native maka Anda akan menemukan beberapa komponen yang tidak hanya bisa dipergunakan di iOS namun juga di Android bahkan bisa dipergunakan secara bersama. Karena hal tersebut, Anda bisa membuat aplikasi berbasis iOS dan Android di waktu yang bersamaan.

Program Aplikasi Android: MIT App Inventor


Software ini pertama kali diperkenalkan dan dikelola oleh MIT atau Massachusetts Institute of Technology yang memungkinkan para Programmer bisa melakukan pemrograman dengan lebih mudah terutama di bagian UI.Anda bisa mengatur tata letak UI dari aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda hanya dengan melakukan drag and drop pada lembar atau media yang sudah ada.

Software ini memiliki basis visual block programming yang memungkinkan Anda untuk bisa membuat suatu aplikasi tanpa harus menggunakan suatu kode apapun. Karena hal tersebut aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang sedang belajar membuat aplikasi.

Menggunakan jasa perusahaan untuk mengebangkan aplikasi


Pengembangan-android

Selain menggunakan 7 software atau program aplikasi android, Anda bisa juga menghubungi perusahaan developer untuk pembuatan aplikasi android secara offline dengan harga yang sesuai dengan budget yang ada dan tentu saja yang Anda rasa mampu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda.

Karena saat ini penggunaan ponsel pintar di masyarakat didominasi oleh OS Android dan iOS, begitu juga dengan perusahaan developer yang saling mengembangkan kemampuan mereka dalam hal kemampuan dalam mengembangkan aplikasi yang mendukung kedua OS utama ini.

Jikan Anda memutuskan untuk menggunakan jasa developer untuk mengembangkan aplikasi bisnis untuk perusahaan Anda, pastikan agar Anda mencari perusahaan yang mampu memberikan harga dan kualitas yang sepadan.

Artikel Terkait  Peluncuran APP-TOKO: Paket Layanan Pengembangan Aplikasi dan Website

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika berhubungan dengan developer dalam mengembangkan aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan diri Anda dengan konsep dari aplikasi yang ingin Anda buat, karena rata-rata customer yang melayani permintaan akan meminta konsep yang Anda miliki sebagai bahan untuk membuat proposal aplikasi yang Anda minta. Apakah, perusahaan-perusahaan itu tidak memiliki price list? Kan mereka sudah berpengalaman. Masa tidak bisa memperkiraan biaya untuk membuat aplikasi online shop yang sederhana misalnya? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sangat sering kami dengar dari pelanggan. Namun perlu Anda ketahui, setiap detail sebuah aplikasi baik itu dari segi tampilan maupun fungsi sangat memberikan pengaruh terhadap waktu pengerjaan yang diperlukan, sehingga akan mempengaruhi harga. Oleh karena itu pastikan agar Anda membuat rencana yang matang sebelum menghubungi developer.
  • Setelah konsep, selanjutnya adalah tentang desain. Proses desain adalah proses yang panjang sebelum proses pengembangan dimulai. Desain di sini bukan semata-mata membuat tampilan yang akan dilihat oleh pengguna ketika aplikasi selesai dikerjakan saja. Namun juga termasuk penentuan alur, UX hingga susunan database jika aplikasi yang dibuat adalah aplikasi berbasis web. Pastikan agar semua ide yang Anda miliki tercover di dalam desain. Dan juga pastikan agar developer yang Anda sewa mampu menyediakan dokumentasi ini dengan baik.
  • Setelah dokumentasi dan desain selesai dikerjakan, selanjutnya adalah tahap pengembangan atau pemrograman. Untuk mempercepat waktu, developer biasanya akan membagi project Anda menjadi beberapa modul untuk dikerjakan bersama-sama dengan beberapa orang programmer. Pastikan agar Anda selalu mendapatkan update terbaru tentang progress pengerjaan aplikasi secara berkala untuk memastikan project dikerjakan sesuai dengan ketentuan.
  • Selanjutnya setelah aplikasi selesai dikerjakan, tiba saatnya untuk trial dan error. Sebagian besar developer biasanya memberikan garansi perbaikan di sini. Namun demikian Anda tidak bisa meminta penambahan fitur secara gratis atau perubahan yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal.
  • Serah terima aplikasi. Pada proses ini, Anda bisa meminta developer yang Anda sewa untuk langsung mengunggahnya ke app market, pun Anda bisa mengunggahnya sendiri dengan akun developer yang sebelumnya harus Anda siapkan sebelum membuat aplikasi.
  • Terakhir, pastikan agar developer yang Anda pilih memberikan layanan maintenance system. Bagaimanapun, maintenance sangat diperlukan untuk mengjaga performa aplikasi dan sistem milik Anda tetap baik.

Itulah 7 platform atau software yang dapat membantu Anda untuk membuat suatu program aplikasi android. Dengan menggunakan program tersebut, Anda bisa membuat aplikasi yang Anda inginkan.

Jikapun waktu Anda terbatas untuk membuatnya atau karena alasan tertentu, Anda bisa menghubungi kami untuk menjadi partner Anda membuat aplikasi. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: