FAQ

Telepon / 0361-23-8091

Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA

Q & A

Jika Q & A ini tidak menjawab pertanyaan Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami kembali.

Semenjak didirikan, perusahaan kami telah mengerjakan banyak project dan menghasilkan produk aplikasi mobile maupun website untuk pelanggan yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Adapun beberapa produk website dan aplikasi tersebut kami tampilkan di dalam halaman Portofolio pada website perusahaan kami.

Untuk melakukan pemesanan, Anda dapat menghubungi kami via telepon atau mengisi formulir yang telah kami sediakan pada halaman REQUEST QUOTATION dengan benar dan lengkap. Marketing kami akan segera menghubungi anda untuk melakukan follow up.

Kami menentukan biaya untuk pembuatan suatu aplikasi atau website sesuai dengan fitur yang diinginkan oleh pelanggan dan waktu yang diperlukan untuk mengerjakan website atau aplikasi tersebut. Penawaran harga akan kami kirimkan kepada pelanggan setelah team programmer kami melakukan pengecekan dan diskusi mengenai web dan aplikasi yang diinginkan oleh pelanggan.

Bagi pelanggan yang memesan aplikasi mobile, kami akan senantiasa mengirimkan perkembangan aplikasi yang dipesan dengan persentase progress 25% jadi, 50% jadi, 75% jadi dan 100% jadi. Selama proses ini, pelanggan dapat melakukan koreksi terhadap hasil kerja kami dengan catatan tidak mengubah konsep dasar aplikasi.

– Bagi pelanggan yang memesan website, kami dapat menempatkan website yang dibuat pada server PT APPKEY untuk sementara waktu, sehingga pelanggan dapat melakukan pengecekan secara berkala sebelum kemudian dipindahkan ke server/hosting yang dipilih oleh pelanggan.

Waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan suatu website atau aplikasi bervariasi sesuai dengan fitur dan besarnya sistem dari website atau aplikasi itu sendiri. Estimasi waktu pengerjaan akan kami informasikan kepada pelanggan setelah kami mengetahui fitur-fitur apa saja yang diinginkan pelanggan di dalam web dan aplikasinya.

Pada dasarnya, perusahaan kami tidak menyerahkan sourcecode kepada pelanggan. Kami hanya menyerahkan file binari. Apabila pelanggan memerlukan source code yang asli, maka pelanggan akan dikenakan biaya tambahan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami kembali.

Kami senantiasa menjaga kerahasiaan ide maupun data-data yang berhubungan dengan project pelanggan. Kami juga dapat mengeluarkan Non Disclosure Agreement (NDA) apabila diperlukan untuk menjaga data-data pelanggan agar tidak bocor kepada pihak ketiga sebagai tanda tanggung jawab kami terhadap kerahasiaan project yang kami tangani.

Kami dapat membantu penambahan fitur pada aplikasi maupun website milik pelanggan setelah melakukan pengecekan terhadap aplikasi ataupun website tersebut.

Layanan maintenance yang kami berikan bersifat opsional, artinya pelanggan bisa memilih untuk menggunakan atau tidak menggunakan layanan tersebut. Kami memiliki beberapa metode layanan maintenance untuk pelanggan antara lain:

– Maintenance bulanan dengan lama kontrak 1 tahun, namun ketentuan maintenance ini dapat didiskusikan kembali antara PT APPKEY dengan pelanggan.

– Maintenance per kasus. Yang dimaksud dengan maintenance per kasus adalah tindakan maintenance baru akan kami lakukan ketika terjadi masalah terhadap website ataupun aplikasi pelanggan yang dibuat menggunakan jasa perusahaan kami.

Pembayaran dapat dilakukan dengan metode berikut:
– Pembayaran secara tunai.
– Pembayaran melalui transfer bank (biaya administrasi apabila mentransfer dari bank lain ditanggung oleh pelanggan.
– Untuk project yang deal, kami baru akan memulai pengerjaan project setelah pelanggan membayar deposit minimal 30% dari total keseluruhan harga project.

Selama dalam platform Android dan iOS, kami dapat mengembangkan aplikasi dalam bidang apapun.

Pengerjaan suatu aplikasi memerlukan waktu yang beragam sesuai dengan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya, yaitu berkisar antara 1,5 bulan sampai dengan 6 bulan. Namun selama ini kami lebih banyak mengerjakan aplikasi yang berkisar 3 bulanan.

Rata-rata yang perlu dipersiapkan untuk membuat suatu website atau aplikasi adalah keterangan yang jelas dan lengkap tentang aplikasi/ website yang ingin dibuat, anggaran dana, date line, konten berupa manuscript/ text dan gambar, serta server. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website kami. Data-data yang disediakan oleh pelanggan akan mempengaruhi waktu dan biaya pengembangan aplikasi ataupun website.

Bisa. Silahkan hubungi kami terlebih dahulu.

Pernah. Sebagian besar project yang telah dipercayakan klien kepada kami, tim kami juga selalu ikut serta dalam tahap perencanaannya.

Hal ini tergantung pada konten dan ketentuan operasional aplikasi tersebut. Apabila suatu website atau aplikasi yang setelah pengerjaannya memerlukan pengoperasian secara profesional, maka kami dapat memberikan kontrak operasional yang terpisah dengan kontrak pembangunan dan pengembangan aplikasi tersebut.

Biaya pembuatan aplikasi kira-kira mulai dari Rp. 10 jutaan hingga ratusan juta rupiah. Kami menentukan biaya untuk pembuatan aplikasi iOS dan Android tergantung dari kompleksitas fitur yang akan digunakan pada aplikasi tersebut.

Untuk biaya maintenance / biaya pemeliharaan 1 tahun itu mulai dari Rp. 2 juta.

Untuk biaya pelatihan nanti akan masuk ke trial error and finishing dalam penawaran.

Untuk trial error dan finishing berkisar antara Rp. 3,5 – 4 jutaan.

Untuk saat ini kami menggunakan bahasa pemrograman Java untuk Android dan bahasa pemrograman Swift untuk iOS.

Biaya untuk aplikasi user-nya mulai dari sekitar Rp. 56,5 juta ~ Rp. 67,5 juta. Sedangkan untuk biaya Back End-nya sekitar Rp. 30 juta ~ Rp. 40 juta. Dan biaya tersebut belum termasuk biaya berikut ini:

Biaya penambahan fitur selama pengembangan

  • Biaya hosting server start Rp. 5 juta / tahun
  • Biaya domain Rp. 500 ribu (Non premium domain) / tahun
  • Biaya maintenance start 3 juta / tahun
  • Biaya upload aplikasi ke Play Store Rp. 750 ribu

Untuk price tergantung dari konsep atau kompleksitas aplikasi yang ingin dibuat. Tapi paket aplikasi kami dibebankan biaya mulai dari Rp. 10 jutaan.

Kami juga menyediakan pembuatan aplikasi untuk platform iOS atau pengguna iPhone.

Saat ini kami baru mengembangkan satu aplikasi game saja. Untuk biaya pengembangan sendiri, untuk estimasi pengerjaan aplikasi selama 1 bulan biaya yang diperlukan mulai dari Rp. 15 s/d 20 jutaan.

Untuk biaya server biasanya mulai dari Rp 3,5 juta / tahun dan maintenancenya mulai dari Rp. 2 jutaan/tahun.

Bisa saja. Untuk aplikasi online shop saja tanpa fitur payment di aplikasi kami start harga mulai dari Rp. 12 juta untuk Android (syarat & ketentuan berlaku). Untuk penambahan fitur payment online, maka pertama-tama dari pihak Anda perlu terlebih dahulu melakukan kerjasama dengan pihak perusahaan Payment Gateway. Itu nantinya akan berkaitan dengan kerjasama antar bank. Dari pihak perusahaan Payment Gateway nantinya akan menyediakan coding-nya dan kami hanya tinggal implementasi ke sistem. Jika paket kami tadi ditambahkan dengan sistem pembayaran di dalamnya itu kira-kira estimasi harganya Rp. 25~30 juta.

Bisa. Untuk paket aplikasi ojek online dapat dilihat melalui halaman berikut ini: https://appshop.co.id/gpsnavi/

Selama ini kami belum pernah menerapkan sistem donasi dengan saldo Google Play pada aplikasi. Sejauh ini, dalam pembuatan aplikasi kami, yang terintegrasi dengan sistem pembayaran dan sudah diterapkan di sistem adalah pembayaran melalui Midtrans, Doku dan juga BCA. Yang mana, dari integrasi sistem tersebut, nantinya pihak klien akan menghubungi perusahaan payment gateaway dengan tujuan untuk melakukan kerjasama dengan pihak-pihak bank.

Sistem pendampingan dari kami tidak ada. Biasanya kita berikan tutorial cara menggunakan aplikasi dan web adminnya. Jika ada pertanyaan tentang hal tersebut, kita akan selalu support apabila terjadi kesulitan saat mencoba akses.

Monetisasi / pendapatan tambahan melalui aplikasi dapat dilakukan dengan menambahkan iklan dari pihak Google ke aplikasi yang sudah selesai Anda buat. Dari iklan-iklan tersebut, pihak Google akan memberikan reward kepada Anda.

Di perusahaan kami masih menggunakan Native, karena sebagian besar pelanggan ingin menggunakan codingan aplikasi Native.

Biasanya waktu pembuatan aplikasi ditentukan dari seberapa besar konsep dan kompleksitas fitur ataupun fungsi dari aplikasi yang ingin dibuat. Estimasi rata-rata pembuatan sebuah aplikasi membutuhkan waktu mulai dari 3 s/d 6 bulan oleh 1 orang programmer. Namun, apabila selama proses pengembangan terdapat penambahan fungsi/fitur, maka waktu pembuatan juga akan semakin bertambah sesuai dengan volume pekerjaan.

Seperti yang kita ketahui, Aplikasi Ruang Guru memiliki sistem yang besar, tentunya waktu dan biaya pengerjaan sistem juga tidak sedikit. Mengingat Ruang Guru sangat kompleks, biaya pembuatan untuk aplikasi semacam itu kalau kami bisa perkiraan bisa mencapai Rp. 100-200 juta. Belum termasuk biaya hosting server, domain, maintenance, dan biaya upload aplikasi ke Google Play Store / Apple Store.

Seperti yang kita ketahui, KitaBisa memiliki sistem yang besar, tentunya waktu dan biaya pengerjaan sistem juga tidak sedikit. Mengingat KitaBisa sangat kompleks, biaya pembuatan untuk aplikasi semacam itu kalau kami bisa perkiraan bisa mencapai Rp. 100-300 juta. Oleh karena itu, Anda perlu terlebih dahulu menyiapkan konsep / gambaran aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bisa saja. Namun, untuk ekspedisi yang saat ini diimplementasikan oleh kami adalah JNE, TIKI dan Pos Indonesia saja.

Bisa. Untuk penerapan pembayaran online pada aplikasi diperlukan kerjasama dengan perusahaan Payment Gateway dari pihak Anda untuk mendaftar sebagai merchant. Kami baru bisa mengimplementasikan Payment Gateway dari Midtrans, Doku, dan BCA saja untuk sementara ini.

Untuk portofolio dari kami, silahkan mengunjungi link berikut ini: https://appkey.co.id/portfolio/

Untuk saat ini mungkin untuk berdiskusi mengenai perkembangan aplikasi & website, Anda dapat melalui via chatting, telpon, atau email apabila domisili Anda jauh dari kantor kami. Untuk Anda yang berdomisili dekat dengan kantor kami, Anda dapat mengunjungi kami di Jl. Batusari No. 3-3, Renon, Denpasar pada hari Senin – Sabtu pukul 09.00 – 17.00 WITA.

Untuk biaya pelatihan, nanti akan masuk ke biaya trial error and finishing dalam penawaran.

Untuk mengetahui perkiraan harga dari aplikasi yang ingin Anda buat, kami perlu untuk mengetahui konsep dari aplikasi yang ingin Anda buat seperti alur dari program tersebut, akses pengguna, dan lain sebagainya.

Untuk pembuatan aplikasi bisa, tetapi kami harus mengetahui fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi beserta alur dan kosep aplikasi itu sendiri lebih lanjut.

Untuk aplikasi seperti Du Speed, kami bisa saja, tapi tentunya kami perlu melakukan research telebih dahulu. Karena kami perlu mengetahui lebih jauh resource dari setiap device itu sendiri. Seperti memori, CPU. Jadi setiap device bisa berbeda-beda kebutuhannya. Dan sampai saat ini kami belum pernah membuat aplikasi seperti DU Speed sebelumnya.

Untuk menjadi agen APPSHOP setidaknya diperlukan keahlian dalam memasarkan produk dari APPSHOP yang berupa website dan aplikasi mobile serta mampu menjawab pertanyaan dari klien sehubungan dengan website dan aplikasi tersebut seperti fitur, kompabilitas, kisaran biaya, dan lain sebagainya.

Komisi untuk agen akan diberikan berdasarkan penjualan.

Ya, perusahaan kami memang terletak di Bali, namun kami tidak ada masalah untuk berkomunikasi maupun memberikan pelayanan untuk pelanggan di manapun mereka berada. Komunikasi antara PT APPKEY dan pelanggan dapat dilakukan dengan berbagai media seperti telepon, email, line, skype dll.

Ya, Bisa. Sebagian besar aplikasi yang kami buat telah dilengkapi oleh fitur tersebut.

File akan dikirimkan kepada pelanggan dalam bentuk binari.
Pengiriman sourcecode asli memerlukan biaya tambahan

Ya, kami bisa. Akan tetapi, kontrak untuk layanan maintenance akan dimulai setelah pengembangan aplikasi selesai.

Untuk saat ini kami hanya membuat aplikasi ataupun website berdasarkan kontrak kerja dengan para pelanggan.

Kami dapat membuat aplikasi yang mendukung platform iOS dan juga Android baik untuk smartphone maupun tablet.

Kami dapat mendukung kebutuhan pelanggan terhadap website maupun aplikasi mulai dari perancangan hingga operasional. Secara spesifiknya adalah mulai dari perencanaan, penyediaan desain dan deskripsi, user interface desain, pengembangan aplikasi, penyediaan server, infra struktur, pendaftaran akun toko aplikasi hingga operasional dan pemeliharaan sistem.

Kami memiliki tenaga designer yang handal, sehingga pelanggan bisa mempercayakan desain aplikasi maupun websitenya kepada kami.

Perusahaan kami berada di Denpasar Bali. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat peta lokasi perusahaan kami.

Dengan banyaknya pengalaman dalam pengembangan, kami juga mampu membuat aplikasi yang terhubung dengan sosial media seperti Facebook maupun Twitter.

Setelah aplikasi diluncurkan, kami juga masih bisa memberikan layanan maintenance apabila diperlukan. Kami bahkan dapat memberikan dukungan ini secara terus menerus.

Ya, bisa. Pertama-tama pelanggan perlu menyediakan source code asli serta spesifikasi dari aplikasi atau web tersebut.

Ya, kami bisa. Namun, lebih tepatnya bukan merubah, tapi membuat aplikasi yang sama pada platform android atau sebaliknya. Karena aplikasi Android dan iOS memiliki rekomendasi UI dan fungsi standar yang berbeda sehingga memerlukan desain maupun bahasa pemrograman yang berbeda untuk masing-masing platform tersebut.

Bisa. Dengan adanya google analytics, pelanggan dapat memantau kondisi website yang dikelolanya, misalnya jumlah orang yang mengunjungi atau jumlah orang yang meng-klik web tersebut.

Biaya yang berkaitan dengan pembuatan aplikasi adalah sebagai berikut :

  • Project Management
  • Dokumentasi Desain
  • Desain Layout
  • Trial error and finishing
  • Biaya server, domain, maintenance dan upload aplikasi ke Play Store / Apple Store

Biaya berkisar dari Rp. 10 jutaan hingga ratusan juta. Untuk lebih lengkapnya, Anda perlu menyiapkan konsep/gambaran aplikasi secara lebih detail dan silahkan mengirimkannya ke kami untuk kami analisis lebih jauh.

Kisaran biaya untuk aplikasi webview dari website yang sudah ada itu kira-kira mulai dari Rp. 6 ~ 10 jutaan . Tapi jika membuat ulang dari awal Rp. 20 ~ 22,5 jutaan. Belum termasuk biaya-biaya berikut:

  • Biaya hosting server mulai dari Rp. 3 jutaan / tahun
  • Domain non premium Rp. 500 ribu / tahun
  • Maintenance (pemeliharaan sistem) mulai dari Rp. 2,5 juta / tahun
  • Biaya upload ke Google Play Store Rp 750 ribu

Untuk biaya pembuatan aplikasi portal berita untuk platform Android kira-kira mulai dari Rp. 25 jutaan, dengan estimasi pembuatan mulai dari 1 – 1,5 bulan. Belum termasuk biaya hosting server, domain, maintenance dan biaya upload aplikasi ke Google Play Store.

Biayanya mulai dari Rp. 20 s/d 25 jutaan dengan waktu pengerjaannya sekitar mulai dari 1 bulanan. Belum termasuk biaya hosting server, domain, maintenance dan biaya upload aplikasi ke Google Play Store/Apple Store.

Kalau pembuatan aplikasi Android seperti itu mulai dari sekitar Rp. 75 jutaan. Belum termasuk biaya hosting server, domain, maintenance dan upload aplikasi ke Play Store / Apple Store.

Tidak harus. Tapi kami dapat membantu Anda meng-upload aplikasi baik ke Play Store atau Apple Store. Namun, pihak Anda perlu menyiapkan akun Google Developer atau Apple Developer terlebih dahulu. Hal ini karena Google / Apple akan membebankan biaya untuk upload aplikasi sebesar $ 25 (dari Google) dan $ 99/tahun (dari Apple) dan pembayarannya harus menggunakan kartu kredit dari Anda.

Bisa. Kami memiliki paket aplikasi online shopping serupa dengan harga mulai dari Rp. 12 jutaan untuk Android / iOS.

Untuk aplikasi kasir yang berisi laporan yang bisa dilihat Admin, estimasi biaya mulai dari Rp. 35 s/d 50 jutaan.

Kalau untuk perkiraan biaya untuk Aplikasi Berita Online itu perkiraan kasarnya, start mulai dari Rp. 40-45 jutaan. Itu untuk Android + Sistem Back End (Admin Panel). Untuk mengetahui berapa biaya pembuatan aplikasi, biasanya kami memerlukan spesifikasi dan konsep dari aplikasi yang ingin dibuat. CNN Indonesia salah satu news online terbesar, mungkin dari klien bisa membuatkan konsep dari aplikasi berita online sesuai dengan fitur dan spesifikasi dari Anda sendiri yang sesuai dengan kebutuhan.

Bisa saja. Namun, untuk mengetahui berapa lama waktu pembuatan dan biaya yang dibutuhkan, kami perlu mengetahui konsep atau gambaran dari aplikasi e-learning yang ingin dibuat secara detail.

Kami bisa membuat aplikasi tersebut, tapi kami sebagai pembuat program perlu mengetahui terlebih dahulu konsep aplikasinya itu seperti apa. Jika Anda tidak bisa memberikan gambarannya, mungkin Anda bisa mencari contoh aplikasi atau websitenya. Dengan begitu, kami bisa tahu sistemnya seperti apa, lama pembuatan berapa lama dan biaya yang diperlukan berapa.

Tidak. Web Aplikasi adalah aplikasi yang dijalankan dengan mengakses sebuah domain website. Sedangkan, aplikasi Webview itu misalnya, Anda punya website, tampilan di aplikasi akan sama seperti ketika Anda mengakses website di HP. Kalau aplikasi native adalah aplikasi yang banyak digunakan saat ini, memiliki kelebihan dari segi UI/UX yang berbeda dengan Web Aplikasi ataupun aplikasi Webview. Akses lebih cepat, tampilan lebih menarik di aplikasi native.

Akun yang harus kita daftarkan di Google Play Store atau Apple Store sebagai pengembang aplikasi untuk menggunggah aplikasi dengan membayar biaya sebesar $25 ke Google dan $99/tahun ke Apple, menggunakan kartu kredit atau debit Anda.

Untuk pengembangan aplikasi, biasanya kami menggunakan sistem aplikasi Native bukan Web View. Karena selain memiliki desain UI/UX yang lancar dan responsif, aplikasi Native juga mudah lolos review ketika akan diunggah ke Play Store atau Apple Store.

Jika setiap paket yang kami sediakan dilengkapi dengan fitur-fitur yang Anda butuhkan. Meskipun demikian, Anda bebas menentukan fitur mana yang akan Anda gunakan dan fitur mana yang tidak akan Anda gunakan. Selain itu, ada baiknya Anda juga berkonsultasi dahulu kepada ke team ahli kami mengenai fitur yang ingin ditambahkan pada aplikasi.

Berbeda sedikit, karena untuk iOS pengerjaannya membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan aplikasi Android.

Iya, kami menyediakan pembuatan Mobile Apps Custom.

Untuk paket Android maupun Android + iPhone, masing-masing sudah mendapatkan sistem berikut:

  • 1 buah Web Back End (untuk dikelola oleh admin, sperti mengelola produk, user, dan sebagainya).
  • 1 buah aplikasi untuk user (aplikasi ini bisa Android atau jika paket Android dan iOS maka akan ada 2 aplikasi untuk platform yg berbeda).

Karena fitur pembayaran secara online tidak termasuk dalam paket aplikasi kami, maka akan dibebankan biaya tambahan. Untuk penambahan biaya payment online/pembayaran tersebut tersebut sekitar Rp. 15 s/d 20 juta.

Mohon maaf, untuk saat ini kantor kami hanya berpusat di Bali saja yang beralamat di Jl. Batusari No.3-3, Renon, Denpasar, Bali.

Untuk hosting dan kapasitas memori, kami menyarankan untuk mencoba hosting selama 1 tahun. Karena biasanya perlu memperhatikan bagaimana perkembangan aplikasi tersebut. Maksimal dianjurkan hosting yang 2 tahun, karena kualitas server sewaktu-waktu dapat berubah-ubah.

Sistem pendampingan dari kami tidak ada. Biasanya kami akan memberikan tutorial cara menggunakan aplikasi dan web admin-nya. Jika ada pertanyaan tentang itu, kita akan selalu support apabila terjadi kesulitan saat melakukan testing.

Tentu. Kami membebankan biaya maintenance per tahunnya, sehingga jika ada bug dan error pada aplikasi/website, kami akan segera memperbaikinya.

Jika bug dikarenakan server kami, maka kami akan langsung mengetahuinya dan maintenance akan dilakukan saat itu juga.

Untuk APPSHOP, kami sudah menyiapkan template produk yang sudah jadi seperti App Taxi Online, App Delivery dan App Shopping (E – Commerce) dengan harga yang kami sudah tentukan. Jika customer ingin membuat jenis aplikasi yang berbeda dan sudah memiliki konsepnya, maka harga yang kami tawarkan akan berbeda pula sesuai kebutuhan.

Untuk program kemitraan APPSHOP memiliki 2 jenis diantaranya:

  • Agen untuk memasarkan produk dari appshop.co.id
  • Kemitraan OEM, yaitu memasarkan produk APPSHOP dengan brand yang dimiliki oleh mitra. Dalam hal ini tentunya dibutuhkan izin usaha di bidang IT.

JANGAN RAGU UNTUK MENGHUBUNGI KAMI UNTUK APA PUN.

Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA