Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Rincian biaya pembuatan aplikasi android dan ios
Saat meminta jasa pengembangan aplikasi, penawaran harga adalah hal yang paling sering dikhawatirkan. Agar tidak salah langkah, kita wajib mengetahui tentang item dan check point di dalam penawaran tersebut. Untuk pertanyaan dan perkiraan harga pengembangan aplikasi, silakan menghubungi kami melalui telepon atau formulir kontak.
18224
page-template,page-template-full_width,page-template-full_width-php,page,page-id-18224,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.6,vc_responsive
 

rincian biaya pembuatan aplikasi android dan ios

Telepon: 0361-23-8091 / 0361-474-2460

Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA

Harap jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan sehubungan dengan rincian biaya pengembangan aplikasi android dan iOS.

Setelah kepemilikan smartphone di dunia yang mencapai 70% lebih, pelaku bisnis (termasuk perusahaan) yang ingin mengkonversi situs perusahaannya ke dalam aplikasi Android dan iOS kini semakin meningkat.

Karena biaya pengembangan aplikasi sangat bervariasi tergantung pada konten dan elemennya, maka cara terbaik untuk mendapatkan harga yang akurat adalah dengan mendapatkan penawaran harga.

Cara menghitung biaya pengembangan aplikasi

Dalam pengembangan aplikasi, adalah lumrah menggunakan sistem “man-month” dan perhitungan “jumlah pekerja (biaya personil) x waktu pengerjaan” sebagai dasar dari biaya pengembangan.

Alasannya akan bisa dimengerti jika Anda melihat proses pengembangan aplikasi tersebut.

Proses pengembangan aplikasi itu sendiri, baik Android maupun iOS (aplikasi iPhone/iPad) adalah sebagai berikut:

 

Proses pengembangan aplikasi

Desain (definisi kebutuhan & desain) → pemrograman → ujicoba (uji sistem · uji operasi) → aplikasi rilis/serah terima / operasional dan pemeliharaan.

SDM yang terlibat dalam proses pengembangan adalah System enginer dan programmer.

System enginer tidak mengelola apa yang dilakukan dalam pemrpgraman namun terlibat dalam semua proses pengembangan. Sehingga dalam hal ini Programmer hanya bertanggung jawab dalam hal pemrograman.

Perbedaan peranan ini juga akan tercermin dalam setiap harga bulanan.

Jika jumlah jam kerja meningkat, maka akan membutuhkan lebih banyak hari kerja dan biaya tenaga kerja juga akan dibebankan dan tercermin dalam anggaran biaya.

 

Dengan kata lain, semakin banyak jumlah fungsi dan elemen produksi yang diperlukan untuk aplikasi yang akan dikembangkan, semakin banyak tenaga kerja dan biaya yang dibutuhkan.

 

Aplikasi yang tidak memiliki fungsi khusus dan hanya menampilkan layar memerlukan biaya murah, sedangkan aplikasi dengan fungsi rumit seperti game akan memerlukan biaya yang mahal.

Biaya berubah tergantung pada isi aplikasi yang akan dikembangkan

Perkiraan biaya menurut konten aplikasi adalah sebagai berikut.

 

5juta~150juta Sistem keranjang belanja: 5juta ~ 150juta

20juta~70juta Katalog 20juta ~ 70juta

30juta~250juta Sistem aplikasi panggilan / pesan (chat): 30juta ~ 250juta

10juta~1,000juta Aplikasi game 10 juta ~ 1 M

20juta~800juta Sistem informasi lokasi SNS: 20juta~800juta

20juta~200juta  Tool system: 20juta ~ 200juta

 

Demikianlah, harga pengembangan sangat berbeda tergantung pada spesifikasi (fungsi) aplikasi itu sendiri. Kami memberikan harga tersebut sebagai bayangan sebelum memberikan penawaran terperinci kepada Anda.

Jadi anggaplah ini hanya panduan saja.

Jika membuat aplikasi Android dan iOS, biayanya dua kali lipat.

Jadi kita harus membuat  aplikasi Android untuk smartphone seperti Xperia dan GALAXY, serta aplikasi iOS untuk iPhone dan iPad.

Karena lingkungan pengembangan dan bahasa pemrograman yang digunakan berbeda untuk masing-masing dari dua OS tersebut, kita perlu memperkirakan biaya ganda ketika membuat aplikasi yang kompatibel dengan keduanya.

 

Selain itu, penyesuaian OS mungkin juga akan menimbulkan biaya tambahan, jadi jika Anda menginginkan adanya penyesuaian dengan versi OS, mohon diketahui bahwa biaya pengembangan akan meningkat dan tercermin ke dalam anggaran biaya.

 

Di Indonesia harga pengembangan aplikasi iOS lebih mahal daripada Android dikarenakan lingkungan pengembangan dan orang yang menguasai programnya lebih sedikit daripada aplikasi Android.

Biaya perencanaan, dokumentasi dan desain

Harga pasar akan sangat bervariasi tergantung dari apakah Anda mempersiapkan bahan desainnya terlebih dahulu atau menyerahkan semuanya kepada perusahaan pengembang.

 

Mungkin banyak yang berfikir bahwa mendesain tampilan aplikasi smartphone itu gampang karena layarnya yang kecil. Baik aplikasi Android dan aplikasi iOS (aplikasi iPhone / aplikasi iPad) memiliki berbagai ukuran layar tergantung pada devicenya lama atau baru dan dalam bentuk device smartphone / tablet. Pengetahuan dan pengalaman khusus sangat daiperlukan untuk membuat desain dengan interface terpadu dan mudah digunakan dengan menyatukan perbedaan yang ada.

 

Saat membuat aplikasi dari tahap perencanaan, kita perlu mempertimbangkan konsep dari aplikasi yang akan dibuat, karena pada saat pengembangan sering kali terjadi perbedaan antara desainer dan enginer.

Biaya dukungan operasional

Sepintas, Anda mungkin berfikir bahwa proses pembuatan aplikasi sudah selesai ketika dirilis, namun sama halnya dengan sistem lain kita juga perlu melakukan operasional dan pemeliharaan.

 

Terdapat berbagai proses yang perlu dilakukan setelah rilis antara lain memperbaiki bug dan masalah yang tidak dapat ditemukan pada tahap pengembangan, membuat lingkungan yang mudah digunakan user, penambahan fitur dan update versi OS dan lain-lain.

 

Bergantung pada konten aplikasi, ada informasi yang perlu untuk diperbarui secara berkala, dan hal-hal yang tidak perlu diperbarui, namun akan menjadi teknologi yang usang (tidak dapat digunakan lagi) jika tidak diperbarui.

 

Demikianlah mengapa proses operasional dan pemeliharaan sangat diperlukan setelah aplikasi rilis. Namun, karena biasanya biaya-biaya yang diperlukan dalam proses ini tidak tercakup dalam anggaran pengembangan,  jadi jika Anda tidak sengaja mengabaikannya, Anda mungkin akan mengalami over budget karena tidak adanya perencanaan dari awal.

 

Selain itu, aplikasi dengan back-end (layar manajemen) akan memerlukan biaya server, biaya domain, biaya SSL, hingga biaya dukungan operasi back-end.

 

Untuk perusahaan pengembangan lainnya yang menetapkan biaya pengembangan murah dan biaya operasional dan penge tinggi setiap bulan. Di APPKEY, kami akan menawarkan biaya pengembangan yang tinggi dan biaya dukungan operasional yang terjangkau, tetapi kami menyarankan agar Anda memastikan terlebih dahulu dan menentukan anggaran untuk dukungan operasional setelah rilis.

Paket aplikasi murah

Kini APPKEY telah meluncurkan layanan pembuatan aplikasi khusus untuk bisnis dengan waktu pengembangan yang singkat dan  harga murah. Kami telah secara dramatis mengurangi biaya pengembangan dengan membuat template aplikasi bisnis khusus untuk menekan biaya pengembangan aplikasi yang cenderung mahal. Dan biaya yang diperlukan telah kami pangkas menjadi sekitar 10% hingga 30% dari harga aslinya.

 

Adapun aplikasi yang kami miliki saat ini seperti, aplikasi pengiriman, aplikasi belanja, aplikasi toko (perusahaan), dan aplikasi pemesanan kendaraan. Ke depannya kami juga berencana untuk menawarkan berbagai paket aplikasi lainnya yang dapat digunakan dalam bisnis.

 

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengunjungi website APPSHOP.

Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk apa pun.