RINCIAN BIAYA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID DAN IOS

Telepon / 0361-23-8091

Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA

Saat ini kepemilikan smartphone di seluruh dunia mungkin sudah melebihi 70% dari penduduk dunia. Jika beberapa tahun lalu penggunaan smartphone Android jauh lebih banyak daripada iOS, kini sepertinnya keduanya sudah berada di posisi yang hampir sama. Oleh karena itu, jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membuat aplikasi untuk mendukung bisnis, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan untuk membuat kedua aplikasi tersebut secara bersamaan untuk lebih menghemat waktu dan biaya pengembangan.
Waktu dan biaya pengembangan aplikasi sangat bervariasi tergantung pada kompleksitas aplikasi itu sendiri dan waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaannya. Anda dapat mengajukan ide aplikasi Anda pada kami dan kami akan hitungkan estimasi biayanya.

Cara menghitung biaya pengembangan aplikasi

Dalam menentukan biaya pengembangan aplikasi, kami menggunakan konsep “man-month” yang artinya semakin banyak personil dan waktu yang dibutuhkan maka biaya pembuatan aplikasi akan semakin tinggi dan sebaliknya.

Konsep penghitungan harga ini berlaku khususnya untuk pembuatan aplikasi custom.

Setelah harga disetujui oleh pelanggan, maka proses pengembangan akan dilanjutkan sesuai dengan tahapan-tahapan berikut ini:

Proses pengembangan aplikasi

Desain (definisi kebutuhan & desain) → pemrograman → ujicoba (uji sistem · uji operasi) → aplikasi rilis/serah terima / operasional dan pemeliharaan.

Dalam proses pengembangan satu aplikasi, anggota tim yang terlibat di antaranya adalah project manager, desainer, system enginer, programmer dan juga tester.

Project manager bertugas memimpin project dan melakukan pengelolaan sehingga pekerjaan dapat berjalan dengan baik sesuai target. Tidak terlibat dalam pemrograman namun mengelola semua proses pengembangan. Sehingga anggota tim lain dapat berkonsentrasi pada bidangnya masing-masing.

Dengan kata lain, semakin banyak jumlah fungsi aplikasi yang akan dikembangkan, semakin banyak tenaga kerja dan biaya yang dibutuhkan.

Sebaliknya aplikasi yang sederhana dengan fungsi yang sedikit akan memerlukan biaya dan waktu pengerjaan yang sedikit.

Biaya berdasarkan volume pengembangan

Selain faktor SDM, kompleksitas juga mempengaruhi biaya pengembangan sebuah aplikasi mobile.

Biaya pengembangan berbeda-beda tergantung pada spesifikasi (fungsi) aplikasi itu sendiri. Sebelum memberikan harga pasti dan detail, kami dapat memberikan perkiraan harga umum sesuai dengan pengalaman kami dalam pembuatan aplikasi mobile.

Biaya pembuatan aplikasi Android & iOS (cross platform)

Biaya pembuatan aplikasi cross platform (android & iOS) dari kami menggunakan teknologi pengembangan aplikasi natif terbaru “Flutter”. Dengan teknologi ini kita bisa mengembangkan dua aplikasi sekaligus untuk kemudian dipergunakan pada dua platform yang berbeda yaitu android dan iOS. Pembuatan aplikasi dengan teknologi ini cenderung lebih hemat karena kita bisa hanya membuat satu program untuk dua OS.

Namun demikian, kami juga masih menyediakan layanan pengembangan aplikasi dengan menggunakan bahasa program natif yaitu Java mobile untuk aplikasi android dan Swift untuk aplikasi iOS. Cara ini biasanya akan memakan biaya yang lebih banyak, karena ada lebih banyak SDM yang terlibat di dalam tim pengembang.

Biaya perencanaan, dokumentasi dan desain

Proses dokumentasi dan desain adalah proses perancangan bentuk system mulai dari pembuatan desain UI/UX hingga perancangan database untuk menciptakan sistem aplikasi yang sesuai dengan permintaan. Orang-orang yang bekerja di bidang ini wajib memahami bagaimana suatu sistem bekerja hingga mampu atau tidaknya pihak programmer membuat program sesuai dengan rancangan yang akan dihasilkannya.
 

Biaya pembuatan desain sendiri juga tergantung dari seberapa kompleks aplikasi yang dibuat. Semakin banyak page yang harus dibuat semakin tinggi juga biaya yang dibutuhkan.
Jika Anda mengerti desain dan ingin menghemat biaya pengembangan aplikasi, Anda bisa merancang sendiri desain aplikasi Anda sebelum menggunakan jasa pembuatan aplikasi dari kami.

Biaya dukungan operasional

Sebagian dari kita mungkin berfikir bahwa dengan membuat aplikasi saja, kita bisa meningkatkan penjualan bisnis. Nyatanya, aplikasi tidak jauh berbeda dengan mesin, yang memerlukan pengoperasian yang tepat untuk bisa bekerja sesuai harapan dan memerlukan pemeliharaan rutin agar kualitasnya terjaga dan awet.
 
Selain layanan pembuatan aplikasi, kami juga menyediakan layanan purna jualnya yaitu layanan operasional dan maintenance.
 
Untuk Anda yang awam di bidang IT, kami dapat membantu Anda untuk melakukan pengoperasian aplikasi yang Anda buat di perusahaan kami. Akan tetapi layanan ini mungkin akan memerlukan biaya yang cukup mahal karena proses ini harus dilakukan secara berkesinambungan. Untuk menghemat biaya ini Anda mungkin perlu menyediakan SDM khusus yang bertanggung jawab untuk ini.
 

Untuk biaya pengelolaan, kami juga menerapkan hal yang serupa dengan pengembangan dan desain. Biaya pengelolaan dari kami beragam sesuai dengan besar/ kecilnya sistem yang harus dijaga. Biaya yang tergolong di dalam layanan ini diantaranya seperti biaya server, domain, SSL, hingga biaya perbaikan saat sistem mengalami gangguan atau kerusakan.

Paket aplikasi murah

Kini APPKEY telah meluncurkan layanan pembuatan aplikasi khusus untuk bisnis dengan waktu pengembangan yang singkat dan  harga murah. Dengan layanan ini, kami berusaha mengurangi biaya pengembangan dengan membuat paket aplikasi khusus yang apabila dibuat dari 0 cenderung membutuhkan biaya yang mahal.

Kami telah membuat beberapa paket pembuatan aplikasi yang banyak diminati seperti, aplikasi delivery, aplikasi e-commerce, aplikasi toko (katalog online), reservasi layanan kesehatan hingga aplikasi pemesanan taxi dan akan terus meluncurkan paket-paket baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Bagi Anda yang tertarik membuat aplikasi yang sesuai paket kami, silahkan kunjungi APPSHOP.

JANGAN RAGU UNTUK MENGHUBUNGI KAMI UNTUK APA PUN.

Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
WeCreativez WhatsApp Support
Marketing
Ratih
Jauh
WeCreativez WhatsApp Support
Marketing
Yogi
Jauh
WeCreativez WhatsApp Support
Marketing
Ariani
Jauh